Tahukah Anda Tentang Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk

By On Thursday, December 31st, 2020 Categories : Biologi

Tahukah Anda mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk? Jeruk (Citrus sp) merupakan buah yang sangat terkenal di masyarakat. Semua orang pasti mengenal nama buah yang satu ini.

Tahukah Anda Tentang Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk

Tahukah Anda Tentang Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk

Tanaman jeruk adalah tanaman endemik Asia Timur dan Asia Tenggara. Anda harus pahami bahwa jeruk itu ada banyak jenis. Jeruk manis dan sitron (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk purut, jeruk bali, dan jeruk nipis berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jeruk termasuk tanaman dikotil (biji buahnya berkeping dua).

Tanaman jeruk termasuk tanaman berakar tunggang. Akar tanaman jeruk berbentuk silindris dengan ujungnya cenderung membulat. Batang tanaman jeruk adalah batang berkayu yang berbentuk silindris.

Daun tanaman jeruk berbentuk bulat telur dengan panjang 5-15 cm dan lebar 2-8 cm. Daunnya bertulang menyirip dan tersusun secara beraturan.

Bunga tanaman jeruk bersifat majemuk karena setiap kuntum bunga tanaman ini terdapat dua kelamin. Bunga ini muncul dari puncak ranting muda dan ketiak daun. Buah jeruk berbentuk bulat. Kulit buahnya berwarna hijau atau kuning dan struktur kulitnya tebal.

Biji jeruk terdapat pada setiap bulirnya yang berjumlah ganjil (satu atau tiga biji), namun ada juga jenis jeruk yang tidak ditemukan biji pada bulirnya.

Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk

Kebanyakan orang berminat dalam budidaya jeruk untuk menghias warung hidup maupun dibudidayakan pada sebidang tanah yang luas.

Jeruk dapat dimakan langsung, diolah menjadi jus maupun minuman menyegarkan lainnya, diolah menjadi permen atau camilan lezat dan lain sebagainya.

Jeruk mempunyai khasiat untuk menyehatkan saluran pencernaan, mengatur kenormalan tekanan darah, menekan pertumbuhan sel kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan tulang, menyehatkan gigi dan gusi, dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Anda yang berminat menanam tanaman jeruk wajib memahami syarat tubuh tanaman jeruk. Ini bertujuan untuk mmebuat tanaman jeruk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Produktivitas tanaman jeruk akan meningkat dengan sendirinya. Kualitas dan kuantitas buah jeruk yang dihasilkan pasti sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Syarat tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

Tanah

Tanah adalah syarat utama yang wajib Anda pahami baik-baik sebelum memutuskan untuk menanam tanaman jeruk. Tanah yang cocok untuk ditanami tanaman jeruk adalah tanah yang kaya akan humus dan mempunyai sistem pengairan yang baik.

Tanah yang cocok untuk ditanami tanaman jeruk adalah tanah dengan kemiringan sudut 300.

Artinya adalah tanah yang disarankan untuk ditanami tanaman jeruk adalah tanah yang datar, bukan tanah yang bergelombang maupun menukik. Derajat keasaman (pH) tanah yang sesuai dengan karakteristik tanaman jeruk berkisar antara 6-7.

Iklim

Tanaman jeruk dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis. Asia Timur (selain Jepang)  dan Asia Tenggara adalah kawasan yang mempunyai cuaca panas teratur.

Periode bulan basah yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tanaman jeruk adalah 5-6 bulan, sedangkan periode bulan kering yang dibutuhkan adalah 3 bulan.

Curah hujan yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tanaman jeruk berkisar antara 1.000-1.500 mm per tahun. Kecepatan rata-rata anginnya tidak boleh terlalu kencang.

Ketinggian Tempat

Tanaman jeruk sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0-650 mdpl. Lokasi yang direkomendasikan untuk ditanami tanaman jeruk adalah lokasi dengan cuaca hangat dan menghadap ke arah barat atau selatan.

Anda harus pahami bahwa ketinggian tempat yang disarankan ini untuk tanaman jeruk secara umum. Ada varietas tertentu yang bisa maksimal pertumbuhan dan perkembangannya pada ketinggian tempat yang lain.

Contohnya tanaman jeruk nipis *700-1.200 mdpl) dan tanaman jeruk bali (1.200-1.700 mdpl).

Suhu dan Kelembaban Udara

Suhu udara yang cocok untuk menunjang kehidupan tanaman jeruk berkisar antara 25-300C, sedangkan kelembaban udara yang cocok untuk tanaman jeruk berkisar antara 50-80 persen.

Ini bisa dimaknai bahwa intensitas penyinaran matahari yang diperlukan tanaman jeruk diperkirakan mencapai 50 persen.

Media Tanam

Media tanam yang dimaksud di sini tidak sebatas pada tanah saja (syarat tumbuh tanaman jeruk nomor satu), melainkan media tanam penunjang.

Pupuk adalah salah satu media tanam penunjang yang sangat diperlukan oleh tanaman jeruk. Anda dapat memberi pupuk NPK setiap 4 bulan sekali dengan dosis sebanyak 25 gr untuk setiap tanaman jeruk.

Baca Juga : Cara Penanganan Pasca Panen Lidah Buaya

Tahukah Anda Tentang Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk | ritaelfianis | 4.5