Rahasia Kecantikan Alami dengan Buah Jambu

By On Monday, November 2nd, 2015 Categories : Info Lainnya

Rahasia Kecantikan Alami dengan Buah Jambu – Jambu menjadi salah satu buah kegemaran masyarakat untuk dikonsumsi. Terdapat dua jenis jambu yang sering kita kenal yaitu jambu air dan jambu biji. Jambu air umumnya berwarna merah atau hijau dan memiliki banyak kandungan air sehingga bersifat menyegarkan apabila mengkonsumsinya.

Untitled

Rasanya yang segar dengan campuran manis dan masam menjadikan buah jambu air ini sering digunakan untuk cemilan rujak. Berbeda dengan jenis jambu biji yang lebih sering dikonsumsi sebagai buah utuh. Jambu biji memiliki bentuk yang bulat dengan warma hijau kekuningan.

Penamaan buah jambu biji ini dikarenakan oleh karakteristik buah yang memiliki biji dengan jumlah yang banyak dan berukuran kecil- kecil. Biji- biji tersebut membentuk kesatuan yang berada di dalam daging buah. Kedua jenis jambu tersebut memiliki kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan pada jenis jambu biji, sejak dahulu masyarakat mengenal khasiat dari bagian daunnya. Yaitu sebagai obat untuk diare dan sembelit.

Adapula jambu biji yang berwarna merah dan sejak dahulu dikenal khasiatnya untuk meningkatkan trombosit darah bagi penderita deman berdarah. Tapi, takukan kamu selain baik bagi kesehatan bagian daun jambu biji juga dapat berkhasiat bagi kecantikan kulit.

Jambu biji mengandung dua kali jumlah likopen yang terkandung dalam tomat. Likopen adalah antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan polusi lingkungan. Satu jambu menyediakan sekitar 2,9 gram likopen. Selain itu jambu biji kaya akan vitamin A, B, C dan potasium yang merupakan antioksidan yang baik dan juga berperan sebagai pendetoks tubuh.

Mereka dapat melawan radikal bebas, sehingga menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis-garis halus. Sehingga jambu berkhasiat sebagai anti- aging. Berikut beberapa khasiat kecantikan dari penggunaan buah jambu biji.

Mencerahkan Kulit

Daun Jambu biji dapat membantu dalam mencerahkan dan mempercantik kulit. penggunaannya adalah dengan membuat scrub dauhn jambu biji.  Caranya adalah dengan menghaluskan daun jambu biji dengan cara diblender atau dipotong menjadi bagian- bagian yang lebih kecil lalu diaplikasikan ke wajah dan tubuh secara merata dengan menggosoknya secara per;ahan.

Selain itu dapat pula ditambahkan dengan minyak zaitun agar kulit semakin halus dan lembab. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini sekali atau dua kali dalam seminggu. Scrub ini dapat menghapus sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Scrub ini juga dapat menghilangkan kotoran di kulit, sehingga memberikan kulit tampak lebih segar dan kenyal.

Toner Rebusan Daun Jambu

Jambu biji mengandung banyak vitamin, mineral dan nutrisi sehingga buah ini dapat membantu menjaga kulit tetap kencang, segar dan bebas dari kerutan. Jambu biji juga efektif dalam meningkatkan tekstur kulit, mengencangkan kulit, dan menghidupkan kembali elastisitas kulit yang hilang.

Kandungan astringent dari jambu biji dapat menjaga kulit bebas dari noda hitam, jerawat, keriput dan bekas jerawat. Penggunaan toner dari rebusan daun jambu biji menjadi pilihan tepat untuk merawat wajah secara alami. Cara pembuatannya sama seperti membuat rebusan daun sirih untuk dikonsumsi hanya saja air rebusan daun sirsak ini dijadikan sebagai pencuci muka.

Mengobati Jerawat dan Bintik-bintik Hitam Wajah

Jerawat dan bintik hitam menjadi maslah utama wajah yang sukar dihilangkan. Tapi dengan penggunaan jambu biji masalah- masalah wajah tersebut dapat diatasi meski secara bertahap. Carnya adalah dengan mengambil beberapa daun jambu biji dan menumbuknya untuk membuat pasta halus.

Bersihkan wajah dan oleskan tumbukan daun itu pada jerawat dan bintik-bintik hitam di wajah. Diamkan 5- 10 menit hingga agak kering dan bilas dengan air dingin. Selain itu penggunaan masker daun jambu juga dapat mengatasi komedo dan gatal di kulit karena daun jambu memiliki senyawa anti alergi.

Baca Juga : Tips ampuh menghilangkan bau tidak sedap pada tubuh

Rahasia Kecantikan Alami dengan Buah Jambu | ritaelfianis | 4.5