Cara pembentukan varietas hibrida

By On Sunday, January 18th, 2015 Categories : Info Lainnya

Cara pembentukan varietas hibrida – Hibrida yaitu hasil persilangan dua tetua. Varietas hibrida merupakan varietas yang memiliki sifat unggul dibandingkan varietas lainnya seperti daya produksinya, ketahanan, adaptasi, tanggap terhasap pemulpukan umur serta mutunya.

ladoUntuk memperoleh varietas hibrida bergantung pada ketersediaan galur murni yang potensial. Galur murni diperoleh dari penyerbukan sendiri untuk mendapatkan galur-galur homozigot selama lima sampai enam generasi.

Langkah-langkah pembentukan varietas hibrida yaitu

  • Memilih tanaman yang baik pada suatu populasi, selanjutnya dilakukan penyerbukan sendiri.
  • Pada musim selanjutnya, nomor-nomor yang terpilih ditanam kembali secara terpisah dan dilakukan penyerbukan sendiri kembali pada tanaman yang terpilih tadi.
  • Dilakukan pemilihan yang didasarkan pada fenotipe pada generasi S1 sampai S3. Pada generasi S4 pemilihan didasarkan pada daya gabung umum sedangkan pada generasi S6 dan seterusnya pemilihan didasarkan pada daya gabung khusus.
  • Setelah kita memperoleh galur inbred maka dilakukan pembuatan varietas hibrida dengan persilangan single cross, persilangan three way cross, ataupun persilangan double cross.

Dalam usaha memproduksi benih hibrida harus diperhatikan sikronisasi pembungaan antar galur dan isolasi dalam penanamannya. Sikronisasi pembungaan merupakan salah satu upaya untuk mengatur saat pembungaan pada galur yang ditangkarkan sehingga tanaman berbunga dalam waktu yang bersamaan.

sekian artikel hari ini, selamat membaca dan semoga bermanfaat ^;^

salam rita elfianis

Cara pembentukan varietas hibrida | ritaelfianis | 4.5