Kekurangan dan Kelebihan Bisnis Online dibandingkan Bisnis Offline

Siapa yang tidak mengenal bisnis online?

Berbekal jaringan internet dan gawai atau gadget, kita sudah bisa menjalankan bisnis milik kita dari mana saja dan kapan saja ke siapa saja.

Jaringan internet memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa adanya batas waktu dan ruang; tidak peduli Anda yang berada di Jepang dan kawan Anda yang berada di Kanada, tetap bisa berkomunikasi dengan leluasa dengan jaringan internet.

Bicara tentang bisnis online atau yang dikenal dengan peluang usaha online, tentu para pembaca sudah tidak asing dengan istilah tersebut atau mungkin sudah lama memakai bisnis online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Bisnis online ialah kegiatan jual beli antara penjual dan pembeli di dunia maya dengan menggunakan beberapa aplikasi jual beli yang sudah banyak tersedia, seperti OLX, Tokopedia dan masih banyak lagi.

Bisa juga melalui jejaring sosial, seperti Instagram dan Facebook dimana kita bisa mencantumkan gambar serta deskripsi lengkap dari barang ataupun jasa yang ingin kita tawarkan kepada calon konsumen.

Bisnis online kian berkembang pesat dan menjamur dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan di tengah masyarakat.

Seperti kegiatan jual beli secara langsung, barang dan jasa yang ditawarkan oleh bisnis online sangat bervariasi; bahkan jauh lebih bervariasi dari jual beli offline atau bisnis konvensional, mulai dari pakaian, gadget, barang elektronik, barang kebutuhan sehari-hari, jasa desain logo, dan masih banyak lagi.

Barang yang ditawarkan pun dapat berupa barang baru maupun barang bekas yang masih layak pakai.

Kegiatan manusia sekarang ini yang dituntut serba cepat dan dinamis membuat bisnis online kian digemari.

Ada kelebihan dan kekurangan dalam bisnis online yang perlu pembaca sekalian ketahui, antara lain:

KELEBIHAN

  • Cakupan pasar yang sangat luas dan hampir tidak terbatas, dimana Anda sebagai penjual dapat menawarkan barang atau jasa yang Anda miliki kepada calon konsumen tanpa terbatas wilayah dan waktu, siapapun dapat menjadi calon pembeli. Misalnya, Anda yang berada di Surabaya mendapat konsumen di kawasan Medan. Karena sejatinya internet dapat mendekatkan yang jauh melalui jaringannya. Hal ini dapat menguntungkan penjual maupun pembeli karena mendapat barang atau jasa yang mereka inginkan ketika barang atau jasa tersebut tidak tersedia di wilayah sekitar pembeli dan menguntungkan penjual untuk melakukan ekspansi cakupan pasarnya.
  • Penjual dapat melakukan sistem pre-order untuk barang atau jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen, dimana penjual akan menyediakan stok barang sesuai dengan permintaan yang diterima sehingga meminimalisir angka kerugian akibat terlalu banyak barang yang tersisa dari kegiatan jual beli.
  • Penjual tidak memerlukan modal awal yang terlalu besar karena bisnis online hanya mengandalkan gadget serta koneksi internet untuk dapat dijalankan, selain modal stok barang sehingga penjual dapat menutupi modal awal dengan keuntungan yang didapatkan.
  • Kegiatan bisnis online dapat dilakukan dan dipantau dimana saja dan kapan saja. Pihak penjual dapat menyesuaikan jam kerja dengan leluasa, menyesuaikan kegiatan sehari-hari dan tidak terpaku pada jam kerja. Penjual juga tidak harus memiliki kios sendiri, kegiatan jual beli online dapat dilakukan di rumah atau dimanapun selama terdapat koneksi internet yang baik dan stabil.
  • Pihak konsumen mendapat keuntungan dengan barang yang terbungkus rapi dan minim kerusakan serta diantar langsung ke kediaman konsumen, sehingga konsumen tidak perlu repot mengambil barang yang dipesan; cukup menunggu di rumah dan barang yang dibeli akan segera dikirim.

KEKURANGAN

  • Adanya kecurangan dari pihak penjual yang mengirim barang tidak sesuai dengan contoh yang ada. Hal ini dapat merugikan pihak konsumen yang telah mengirimkan sejumlah uang namun tidak mendapat barang yang dibutuhkan.
  • Praktek kecurangan dan penipuan para penjual kepada konsumen karena tidak adanya tatap muka antara pihak penjual dan pembeli. Hal ini harus diwaspadai pihak konsumen dengan melakukan kegiatan jual beli di tempat atau akun tertentu yang sudah terjamin reputasinya di kalangan konsumen bisnis online.

Baca Juga : Zoteromedia.com PPC Alternatif Terbaik Google Adsense

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Panduan Ngeblog dan Internet Marketing © 2018 Frontier Theme