Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Wisata Murah Curug Leuwi Hejo di Sentul, Bogor

Wisata Murah Curug Leuwi Hejo di Sentul, Bogor – Bogor adalah salah kota di Jawa Barat yang memiliki cukup banyak pilihan destinasi wisata yang bisa dinikmati. Selain Puncak, Taman Safari dan Jungle Land, destinasi wisata baru yang sedang ramai diperbincangkan saat ini adalah Curug Leuwi Hejo.

Untitled

Curug Leuwi Hejo atau yang lebih dikenal masyarakat sekitar sebagai Curug Bengkok merupakan sebuah air terjun kecil yang bermuara dikolam kecil berwarna hijau. Air di curug ini masih sangat jernih dan dingin sehingga lumayan menusuk tulang. Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, kolam jernih ini telah menuai banyak lirikan para pecinta alam.

Ketenarannya baru mencuat beberapa bulan belakangan setelah seorang traveler mengenalkan lokasi ini di sebuah forum komunitas di dunia maya. Kenapa dinamakan Curug Bengkok, karena air yang terjun dari bebatuan itu tidak lurus sehingga masyarakat setempat menamakannya curug Bengkok.

Curug tersebut kemudian berganti nama menjadi Leuwi Hejo, yang akhirnya melambung di dunia per-traveling-an Indonesia. Sehingga tak heran jika Leuwi Hejo menjadi buruan baru para petualang baik dari wilayah Bogor maupun dari luar kota sekitar seperti Jakarta, Tangerang dan Bandung

Tak sulit untuk menemukan daerah ini, apalagi jika kalian berdomisili di daerah Bogor – Jakarta.. Untuk pergi menuju Leuwi hejo dan curug barong dari daerah Bogor-Sukabumi atau daerah lain sekitar Jabodetabek, patokan paling mudah adalah tepat di depan gerbang luar  Jungle Land.. Dari Tol Jagorawi tinggal lurus lalu ikuti jalur ke Gn. Pancar.

Setelah sampai gerbang luar Jungle Land, tinggal ambil jalur kanan. di simpang tiga ini tidak terdapat tanda atau rambu-rambu menuju ke Leuwi hejo sehingga jika ragu jangan sungkan untuk bertanya pada masyarakat setempat karena masyarakat disana pun sangat bersahabat dan saromeah.

Perjalanan dari gerbang Jungle Land menuju Kampung Wangun Cileungsi Desa Karang Tengah ini memerlukan waktu sekitar 30 – 40 menit, tergantung dari situasi jalanan. Alangkah lebih baik jika ingin main ke daerah ini pada musim panas, karena jalan tidak akan terlalu licin dan debit air sungainya pun tidak terlalu besar. Jika pada saat musim hujan jalan akan licin akibat tanah dan lumpur serta bebatuan kerikil, dan tracknya pun lumayan terjal dengan kemiringan sekitar 20 – 40.

Jalan yang landai pun sampai bergelombang, karena Leuwi hejo berada pada ketinggian 500 – 1000 mdpl. Lebih Enak jika naik kendaraan sendiri baik itu motor ataupun mobil karena untuk naik kendaraan umum masih jarang dan kalopun ada hanya sekedar ojeg saja.

Baca Juga : Sekilas Tentang Tari Cangget Lampung

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme