Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Tujuan Dan Kepanjangan UNESCO

Tujuan Dan Kepanjangan UNESCO – Pengertian UNESCO / KNIU adalah salah satu lembaga yang memiliki tugas khusus dalam melancarkan usaha guna mengkoordinasikan kegiatan – kegiatan pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan komunikasi dalam rangka membantu program Pemerintah dan program – program UNESCO.

Kepanjangan dari UNESCO adalah ‘united nations educational, scientific and cultural organization’ merupakan salah satu organisasi internasional di bawah lembaga PBB (sedunia) yang memiliki tujuan untuk mengurusi segala hal terkait dengan dunia pendidikan, sains, dan kebudayaan dalam rangka peningkatan rasa saling hormat – menghormati berlandaskan kepada keadilan, peraturan – peraturan hukum, dan HAM.

UNESCO resmi didirikan pada tanggal 4/11/1946 di Kota Paris, Perancis, dimana tugas utamanya adalah memajukan kerjasama antar bangsa – bangsa pada bidang yang berhubungan dengan pendidikan, sains, dan kebudayaan. Saat ini UNESCO sudah berhasil beranggotakan 191 negara termasuk Indonesia yang memiliki markas besar di Unesco House, Place de Fontenoy, Paris de, France.

Tujuan UNESCO

Seperti dijelaskan di atas, adapun tujuan didirikannya organisasi UNESCO antara lain :

  1. Untuk meningkatkan kerjasama diantara negara – negara di dunia dalam bidang pendidikan, sains, dan kebudayaan.
  2. Untuk melakukan kegiatan – kegiatan pemberantasan buta huruf / buta aksara dengan menerapkan program wajib belajar bagi seluruh rakyat negara – negara anggota UNESCO di dunia.
  3. Guna mengangkat martabat dan derajat dari kehidupan manusia di dunia ini.
  4. Untuk mewujudkan dan mencapai tingkat pendidikan berkualitas bagi semua orang dan melakukan pendidikan yang berkelanjutan.
  5. Memobilisasi ilmu pengetahuan melalui kebijakan – kebijakan untuk melakukan pembangunan yang berkesinambungan.
  6. Untuk mengatasi tantangan sosial dan budaya yang ada di dunia ini.
  7. Membina keanekaragaman budaya, dialog antar budaya, dan membudayakan perdamaian.
  8. Turut serta membangun masyarakat yang mempunyai dasar pengetahuan kuat dan ‘inklusif’ melalui berbagai informasi yang komunikatif.

Fungsi Komisi Nasional Indonesia Untuk UNESCO / KNIU

  1. Untuk melancarkan usaha dalam rangka pengembangan dunia pendidikan, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan komunikasi di Indonesia khususnya dengan melakukan kerjasama dengan UNESCO di dunia.
  2. Untuk meningkatkan peranan – peranan terhadap partisipasi Indonesia di dalam dunia internasional khususnya terkait dengan bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, kebudayaan dan komunikasi.
  3. Turut serta dalam mengambil peranan untuk menetapkan program – program dan kegiatan UNESCO dengan cara mengingat dan mengetahui tentang kepentingan – kepentingan nasional dan internasional.

Mengenal Struktur Organisasi KNIU

KNIU resmi didirikan berdasarkan atas konstitusi UNESCO pada tahun 1945 pasal 7 (2) mengenai tugas – tugas yang wajib dilakukan oleh Komisi Nasional bersangkutan.

Adapun ‘Piagam Komisi Nasional’ yang sudah diadopsi oleh Sidang Umum UNESCO sebagai salah satu ‘resolusi’ pada rapat pertemuan sesi ke duapuluh tanggal 27/11/1978 menjelaskan tentang fungsi dan manfaat, serta peran Komisi Nasional UNESCO menjadi tanggung jawab negara – negara anggota kepada Komisi Nasional disertai sebuah tanggung jawab UNESCO kepada Komisi Nasional.

Berdasarkan atas ‘Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia’ No. 0257/P/1977 pada tanggal 11/7/1977 tentang ‘Pembubaran Lembaga Nasional Indonesia’ untuk UNESCO bekerjasama dengan ‘Pembentukan Komisi Nasional Indonesia’ untuk UNESCO, khususnya pasal 4, maka struktur organisasi Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO terbaru.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test