Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Tujuan, dan Ciri Kapitalisme

Tujuan, dan Ciri Kapitalisme – Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang kesemua unsur perekonomian seperti perusahaan, alat produksi hingga dinamika perdagangan dikuasai oleh swasta. Tujuannya, adalah mendapat profit besar dengan merebut pangsa (persaingan) pasar. (Baca : Segmentasi pasar)

Berkaitan dengan definisi di atas, tentu pemerintah tidak lagi memiliki wewenang untuk mengatur sistem perekonomian bangsanya. Tetapi dalam diskursus tertentu, ada oknum yang memanfaatkan hal tersebut demi kepentingan pribadi.

Pengertian Kapitalisme Menurut Para Ahli

1.  Karl Marx

Karl Marx menyatakan kalau kapitalisme merupakan konsep ekonomi kapital yang segala kebijakan pasar hingga penentuan harga produk/jasa ditentukan oleh pihak pemilik modal.

Konsep ini akhirnya berdampak pada monopoli ekonomi secara total demi meraih keuntungan laba yang besar.

2.  Adam Smith

Sedangkan Adam Smith memberikan pendapat yang berbeda. Menurutnya kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi yang menjadi solusi pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Argumennya didasari pada keikutsertaan pemerintah dalam kebijakan ekonomi justru menjadi penyebab tidak meratanya kemakmuran.

Ciri-Ciri Kapitalisme

Kapitalisme memiliki ciri-ciri berikut ini:

1. Pengakuan Berdasar Hak Milik

Ciri yang pertama adalah adanya pengakuan akan hak milik individu yang berupa unsur-unsur produksi termasuk SDA dan alat-alatnya.

2. Kebebasan Mempunyai Alat Produksi

Pemilik modal memiliki kebebasan penuh untuk membeli alat produksi. Maka dari itu, perusahaan berbasis swasta akan terus bersaing mendapatkan alat produk terbaik.

3. Setiap Perseorangan Bebas Berusaha

Pihak swasta diberi kebebasan mengelola usahanya sesuai kreativitas dan inisiatif dirinya sendiri. Metode pengelolaan produk dan jasa pun terserah pemilik modal.

4. Proses Produksi Menjadi Tanggung Jawab Swasta

Pihak swasta bertanggungjawab atas produk yang akan diproduksi beserta harga yang akan ditawarkan. Mereka juga bebas menentukan arah pemasaran produk akan difokuskan.

5. Terdapat Persaingan Pasar Bebas

Ciri selanjutnya dari kapitalisme adalah pasti di dalamnya terdapat persaingan pasar bebas. Maka dari itu, diskursus negosiasi dan permintaan menjadi penentu kebijakan perusahaan.

Dua diskursus inilah yang memegang peran di balik layar dalam menuntaskan masalah perekonomian. Diharapkan darinya, masalah inflasi hingga pengangguran bisa diatasi.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test