Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Teknik Dan Cara Budidaya Kopi

Teknik Dan Cara Budidaya Kopi – Yang dimaksud dengan cara menanam tanaman kopi yang baik dan benar adalah rangkaian proses yang dimulai dari awal petani mempersiapkan lahan hingga melalui proses panen buah kopi.

Berikut di bawah ini kami berikan cara – cara menanam / budidaya tanaman Kopi yang benar agar menjadi panduan bagi pemula di dalam membudidayakan tanaman kopi. Langkah – langkahnya Budidaya Tanaman Kopi adalah sebagai berikut :

1. Persiapan Lahan

Tanaman Kopi lebih pas ditanam pada tanah dengan memiliki ketinggian minimal 60 m di atas permukaan laut dan tak lebih tak kurang dari 800 m di atas permukaan laut.

2. Pengolahan Lahan Tanam

Proses pengolahan lahan untuk ditanami Kopi bisa dimulai jika pohon – pohon peneduh sudah tumbuh tinggi dimana nantinya pohon peneduh ini berfungsi untuk melindungi lahan tanam terhadap paparan sinar matahari secara langsung.

3. Pembibitan Biji Generatif

Kopi dapat dibibit secara generatif melalui biji – biji ataupun vegetatif cangkok. Dimana masing – masing metode mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing.

4. Penanaman Bibit Kopi

Tahap selanjutnya dari cara – cara menanam Kopi yang benar adalah dengan menanam bibitnya secara langsung pada lubang – lubang tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

5. Perawatan Tanaman Kopi

Bagian ini merupakan bagian utama dan sangat penting dari rangkaian tehnik dan cara budidaya tanaman Kopi yaitu melakukan perawatan terhadap tanaman Kopi dimana kegiatan ini akan memberikan pengaruh berupa hasil produksi dari buahnya yang sempurna.

6. Penyiraman

Bagian penyiraman bisa dilakukan dengan cara – cara berkala, bisa 2 minggu sekali apabila sedang musim kemarau dimana diketahui bahwa tanaman Kopi mampu bertahan hidup dengan kondisi sedikit air, namun disarankan sebaiknya disiram karena hal ini mampu untuk memacu pertumbuhan dan perkembangan tanaman asalkan dalam jumlah yang tepat untuk menghindari kelebihan air yang menyebabkan akar mudah rusak yaitu membusuk.

7. Penyiangan

Kegiatan ini dilakukan secara berkala dimana pada waktu musim hujan tanaman – tanaman peneduh wajib dikurangi daunnya agar tanah pada bagian bawah tak terlalu lembab.

8. Pemupukan

Masing – masing 1 tahun sekali tanaman Kopi membutuhkan pupuk dasar terutama ketika sedang berbuah. Sedangkan pemupukan susulan diperlukan untuk perkembangan pertumbuhan tanaman Kopi menjadi lebih cepat dengan hasil nantinya yang berkualitas.

9. Penanaman Pohon Peneduh / Penghalang Cahaya

Anda bisa menggunakan bibit Lamtoro atau tanaman Sengon di kebun Kopi dengan penataan yang rapi dan membentuk alur. Tunggu dengan sabar hingga ukurannya bertambah besar dan tinggi untuk fungsi peneduh pada lahan tanam di area kebun Kopi, rata – rata membutuhkan waktu kisaran lebih kurang dari 2 tahun.

10. Panen Kopi

Biji – biji Kopi pilihan dapat dipanen setelah tanaman berusia kisaran waktu antara 2,5 s/d 3 tahun setelah masa tanam. Hasil panen Kopi yang pertama masih sedikit namun yang selanjutnya semakin bertambah banyak dari beberapa pohon yang ditanam. Dalam setahun panen besar terjadi sekitar bulan Mei hingga Juni.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang Teknik Dan Cara Budidaya Kopi, semoga bermanfaat !

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test