Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Sumber, Bukti Dan Fakta Tentang Sejarah Indonesia

Sumber, Bukti Dan Fakta Tentang Sejarah Indonesia – Bukti dan fakta tentang sejarah Indonesia pada dasarnya dapat dibedakan dengan melihat beberapa nara sumber seperti tersebut di bawah ini:

Sumber Sejarah

Menurut Moh. Ali, sumber seejarah merupakan sesuatu yang dapat berwujud ataupun tidak berwujud dan berguna bagi penelitian sejarah sejak jaman purba hingga saat ini. Adapun Muh. Yamin mengatakan pendapat yang agak sedikit berbeda yaitu bahwa sumber sejarah adalah kumpulan benda dan kebudayaan untuk membuktikan suatu sejarah.

Baca Juga : Sejarah dan Asal Usul Film Di Indonesia

Sumber sejarah dapat diibedakan menjadi 3 yaitu:

  • Sumber Tertulis

Sumber tertulis merupakan sebuah sumber dari sejarah yang didapat dari beberapa peninggalan tertulis ataupun berupa catatan pristiwa seperti prasasti, naskah, piagam, surat kabar dan rekaman.

Ada dua jenis tipe sumber yang dapat dijadikan nara sumber seperti sumber dari dokumen (primer) dan buku-buku (sekunder)

  • Sumber Lisan

Sumber Lisan merupakan sebuah sumber yang langsung didapatkan dari para sumber terpercaya seperti pelaku atau saksi mata. Atau dapat juga berasal dari penuturan beberapa penuturan masyarakat sekitar tempat dimana peristiwa terjadi.

  • Sumber Benda

Sumber benda merupakan suatu sumber sejarah yang didapat dari peninggalan benda-benda purbakala.

Bukti Dan Fakta Sejarah

Bukti dan fakta sejarah merupakan nara sumber yang berasal dari hasil penulisan sejarah. Bentuk dari fakta sejarah ada berbentuk benda asli seperti candi, patung atupun artefak.

Untuk bukti dan fakta sejarah Indonesia yang dapat diketahui melalui sumber primer  dan sekunder adalah:

  • Artefak

Artefak adalah sebuah benda peninggalan sebagai hasil dari buatan tangan manusia seperti contohnya candi dan patung

  • Fakta Sosial

Fakta Sosial adalah fakta yang berasal dari nara sumber sejarah dengan melalui kondisi yang mampu menggambarkan suatu pola keadaan sosial, suasana zaman dulu dan sistem hubungan sosial dan antar manusia yang terjadi saat itu. Contohnya adalah pakaian adat dan pakaian kebesaran raja.

Fakta sosial merupakan perwujudan bukti sosial yang muncul di lingkungan masyarakat yang mampu menghasilkan suatu perwujudan cerita dan kejadian.

  • Fakta Mental

Fakta Mental adalah suatu fakta yang dapat menggambarkan suasana pikiran, perasaan, rohani dan sikap mental yang menjadi dasar timbulnya suatu maha karya.

Semuanya berkaitan dengan faktor perilaku ataupun moral setiap manusia yang dapat mencerminkan baik atau buruknya suatu kehidupan manusia, lingkungan masyarakat dan situasi negara.

Peristiwa yang sudah pernah terjadi di masa lampau akan dapat mempengaruhi mental kehidupan dimasa ini ataupun dimasa depan.

Fakta mental akan erat hubungannya dengan peristiwa yang terjadi antara sesama manusia, karena hasil dari peristiwa hubungan ini akan dapat menjadi pemicu timbulnya suatu peristiwa.

Sebagai contoh pristiwa bom atom di Kota Nagasaki dan Hiroshima yang berada di Jepang dimana setelah peristiwa tersebut menyisakan perubahan watak dan perilaku bagi masyarakatnya.

Fakta mental merupakan fakta yang bersifat abstrak atau dapat menggambarkan suatu kondisi yang menggambarkan alam pikiran dan kepercayaan serta suatu sikap.

Contohnya sebuah kepercayaan  dan keyakinan akan suatu benda yang melambangkan nenek moyang dan benda-benda upacara untuk dipuja.

Ada beberapa artefak yang dapat menunjukkan suatu fakta sosial dan suatu ciri fakta mental. Contohnya adalah bejana perunggu, kapak perunggu yang diperlakukan sebagai artefak yang menjadikannya sebagai suatu fakta konkret.

Tetapi  jika dilihat dari hiasannya akan dapat berfungi sebagai fakta sosial, tetapi jika menempatkan kapak perunggu dan bejana perunggu sebagai suatu sistim  kepercayaan, maka dapat disebut sebagai fakta mental

Demikianlah  sedikit ulasan mengenai bukti dan fakta tentang sejarah Indonesia.

Semoga dapat bermanfaat….!!!

Baca Juga : Sejarah Kerajaan Tarumanegara dan Asal Mula Kata Sunda

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test