Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Sekilas Tentang Tari Cangget Lampung

Sekilas Tentang Tari Cangget Lampung – Tari Cangget merupakan tarian yang ada dan berkembang di masyarakat Lampung, Lampung adalah sebuah provinsi yang terletak paling selataan di kepulauan Sumatera.

Untitled

Konon katanya, sebelum adanya kedatangan baangsa Jepang ke bangsa Indonesia atau pada tahun 1942, Tarian Cangget ini selalu ditampillkan  pada setiap acaraa yang berkaitan dengan gawi adat Lampung, seperti contohnya upacara mendiirikan sebuah rumah, panen raya setiap musimnya, dan juga digunakan untuk menghantarkan seseorang yang akaan pergi menunaikan ibadah hajii ke tanah suci.

Ketika tarian ini dipentaskan, semua orang akan segera berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan yang diadakan ini, baik orang tua, muda mudi, laki-laki ataupun perempuan, Ini bertujuan untuk mengikutii upacara, selain itu juga digunakan untuk berkenaalan dengan sesaamanya. Tarian Cangget ini biasa dilakukan atau dilaksanakan oleh pemuda dan pemudi.

Ketika Tarian Cangget ini ditampilkan biasanya orang – orang tua akan memperhatiikan dan menilai gerakan – gerakan para peanari di dalam membawaakan tarian ini. Kegiatan ini oleh masyaarakat di Lampung sering diseebut dengan nindai. Hal ini bertujuan tidak hanya untuk sekedar melihat gerakan – gerakan muda atau pemudi di saat sedang menarikan Tarian Cangget ini, melainkan juga untuk dapat melihat kelembutan budi, kemampuan, ketangkasan dan juga keindahan ketika mereka bersolek dan menggunakan pakaian adat daerah Lampung.

Bagi para muda mudi kesempatan inii juga bisa dijadikan sebagai acara untuk mencari jodoh. Dan apabila adaa yang saling memiliki ketertarikan dan kedua orang tuanya juga setuju, maka merekaa akan menerruskan hal ini ke jenjang pernikahan.

Tari cangget yang juga menjadi salah satu ciri khas orang yang berasal dari Lampung ini sebenaarnya tidak hanya 1 macam saja melainkan juga terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu :

  1. Tarian Cengget Nyampuuk Temui, merupakan tarian yaang dibawakan oleh para muda mudi di dalam upacara untuk menyambut tamu besar atau agung yang akan berkunjung ke daerah tempat mereka.
  2. Tarian Cangget Bakha, merupakan tarian yang jiga dimainkan oleh pemuda pemudi di saat bulan purnama dating atau setelah seelesai panen raya (saat upacaraa panen raya).
  3. Tarian Cangget Peenganggik, adalah tarian yang dimainkan olleh pemuda pemudi di saat mereka akan menerima anggoota baru. Dan yang dimaksud disini dengan anggoota baru adalah para pemuda pemudi yang akan berubah statusnya dari golongan kanak-kanak menjadii dewasa. Perubahan status seperti ini akan terjadi setelahh mereka meelakukan upacara yang disebut busepei ‘kikir gigi’.
  4. Tarian Cangget Pilangan adalah suatu tarian yang akan dimainkan oleh para pemuda pemudi di saat mereka akan melepaskan salah seorang annggota kelompoknya yang akan dinikahkan dan perrgi ke luar desa untuk mengikuuti istri atau suami mereka.
  5. Tarian Cangget Agung merupakan tarian yang dilaksanakan oleh para pemuda pemudi di saat ada upacara aadat pengangkatan seorang yang punya status tinggi menjadi Kepala Adat ‘Cacak Pepadun’. Ketika pelaksanaan upacara pengangkatan ini , jikalau Kepala Adat memiiliki seorang anak perempuan yang masih peraawan, maka perempuan tersebut akan diikutsertakan di dalam tarian Canggget Aguung dan setelah itu pun perempuan itu akan dianugerahkaan dengan gelar inten; Pujian; Indoman dan juga Dalom Batin.

meskipun Tarian Cangget ini terdiiri dari berbagai jenis, namun padaa dasarnya tarian ini hanya memiliki gerakan-gerakan yang sebenarnya relatif sama. Dan peralatan musik yang digunakan juga untuk mengiriingi tarian ini terdiri dari diantaranya adalah canang, gendang 1 buah, lunik delapan sampai dua belas buah, gujeh sebuah, gong 2 buah, bende sebuah, dan pepetuk 2 buah.

Baca Juga : Budaya-Budaya yang Ada di Jawa Tengah

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test