Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Sejarah Terjadinya Perang Dunia 1

Sejarah Terjadinya Perang Dunia 1 – Perang Dunia 1 merupakan perang global yang terjadi pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918 dan terpusat di Eropa.

Perang ini melibatkan semua negara berkekuatan besar dengan terbagi menjadi dua aliansi yang saling berlawanan. Berikut penjelasan mengenai Sejarah Terjadinya Perang Dunia 1

Penyebab Perang Dunia 1

Secara luas, penyebab terjadinya perang dunia 1 dibagi menjadi dua, yaitu penyebab umum dan penyebab khusus.

Baca Juga :

1. Penyebab Umum

Beberapa penyebab umum yang melatarbelakangi terjadinya perang dunia 1 adalah :

  • Pertentangan antar negara besar akibat adanya politik aliansi, atau politik mencari sekutu. Hal ini berakibat pula pada perlombaan senjata dan adanya krisis Balkan.
  • Pertentangan antar negara Eropa akibat revolusi Industri. Pertentangan inilah yang mengawali adanya imperialisme modern, dimana memicu adanya persaingan antar negara berkekuasaan besar seperti Jerman dengan Perancis, Jerman dengan Rusia, Jerman dengan Inggris, dan Rusia dengan Austro Hongaria.

2. Penyebab Khusus

Pada tanggal 28 Juni 1914, terjadinya pembunuhan terhadap pangeran Frans Ferdinand serta istrinya oleh teroris Serbia di wilayah Sarajevo saat akan melakukan latihan perang di Bosnia

Triad Serbia menganggap latihan perang Austria yang di lakukan di Bosnia itu sebagai tindakan provokatif sehingga pada saat itu juga Austria mendeklarasikan perang kepada Serbia dan mulai meluas ke seluruh negara di Eropa.

Saat perang dunia 1 berlangsung, terjadi perpecahan 4 front yaitu front barat, front timur, front tenggara dan front selatan.

Sejarah Terjadinya Perang Dunia 1

Perang yang melibatkan antara Austria dengan Serbia kemudian melibatkan sekutu-sekutunya dan membentuk dalam aliansi. Serbia didukung oleh Rusia dan Perancis, sementara Austria didukung oleh Jerman yang menyatakan perang terhadap Perancis.

Pada tanggal 4 Agustus 1914, Jerman melakukan penerobosan ke wilayah Belgia untuk menyerang Perancis.

Inggris pun kemudian ikut memberikan bantuan pada Belgia dan Perancis dalam deklarasi perang dengan Jerman.

Hanya dalam seminggu saja, lima negara besar ikut terlibat dalam perang Austria dengan Serbia.

Tak lama kemudian, perang mulai tersebar luas dan terjadilah perang besar-besaran.

Dapat dikatakan bahwa perang antara Austria dengan Serbia merupakan ajang balas dendam antara dua aliansi negara yang berseteru serta sebagai ajang menunjukkan kekuatan.

Perang terjadi di dua front yaitu pada front barat dan front timur. Di front barat, Jerman melakukan perlawanan terhadap Perancis, sementara di front timur Jerman melakukan perlawanan terhadap Rusia.

Sebelumnya Jerman telah merencanakan untuk menghancurkan Perancis di front barat, sebelum Jerman menghadapi Rusia di front timur.

Pada bulan September 1914, Jerman merencakan untuk sampai di sungai Marne dan melakukan penyerangan di Paris. Namun, usaha ini gagal karena Jerman mendapat perlawanan sengit dari Perancis.

Selain itu, Jerman juga harus menghadapi Rusia yang tengah menuju Prusia. Perancis akhirnya dapat menahan Jerman di sungai Marne, Inggris masih menguasai selat Inggris, dan Rusia dapat bertahan di wilayah Prusia.

Peperangan mulai menjadi pasif dengan pasukan militer dari kedua belah pihak yang memilih untuk tetap di posisi masing-masing dalam perlindungan di sepanjang laut Utara sampai perbatasan Swiss.

Saat perang melambat, kedua belah pihak memperkuat kekuasan dengan memperluas daerah jajahan di luar Eropa.

Inggris dan Perancis kemudian melakukan penyerangan di daerah jajahan Jerman yaitu di wilayah Kamerun, Togoland dan Afrika Timur.

Sementara di Asia Pasifik, Jepang berhasil mengambil alih daerah jajahan Jerman yakni di wilayah Mariana, Karolina dan Kepulauan Marshall.

Amerika Serikat yang semula bersikap netral, akhirnya ikut terlibat perang, karena Jerman melakukan serangan frontal baik di darat atau lautan, termasuk dengan ditenggelamkannya kapal dagang AS Lusitania dan Sussex.

Meski Jerman sempat beralasan bahwa ini hanya kesengajaan, AS tetap mendeklarasikan perang terhadap Jerman pada tanggal 10 April 1917.

Akibat adanya serangan dari sekutu yang dilakukan secara terus-menerus, Jerman dan negara pendukungnya pun berhasil dikalahkan pada tahun 1918.

Pada tanggal 28 Juni 1919, Jerman kemudian melakukan penandatangan pada perjanjian Versailles sekaligus secara resmi mengakhiri Perang Dunia 1.

Perang Dunia 1 banyak memberikan dampak pada dunia internasional, hubungan internasional sekaligus sistem internasional dari negara-negara yang ikut terlibat dalam perang dunia 1.

Amerika Serikat, Perancis dan Inggris yang menjadi satu aliansi ikut terlibat dalam pembangunan sistem internasional.

Demikianlah penjelasan mengenai Sejarah Terjadinya Perang Dunia 1. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test