Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Sejarah Kerajaan Tarumanegara dan Asal Mula Kata Sunda

Sejarah Kerajaan Tarumanagara dan Asal Mula Kata Sunda – Indonesia, memang dikenal banyak memiliki sejarah kerajaan. Hampir setiap wilayahnya memiliki kerajaan yang dimpin oleh para raja. Salah satu kerajaan yang sangat terkenal yaitu Kerajaan Tarumanegara yang berkuasa di wilayah barat pulau jawa. Kata tarumanagara berasal dari dua buah kata, yaitu kata taruma dan nagara.

Untitled

Kata taruma berasal dari kata tarum yang merupakan nama sungai di Jawa Barat yang kini bernama sungai citarum, sedangkan kata nagara memiliki arti yaitu kerajaan atau Negara sehingga kata tarumanegara tersebut berarti kerajaan yang berada di dekat sungai atau air.

Kerajaan Tarumanegara menjadi sangat terkenal karena kerajaan ini merupakan kerajaan tertua di Nusantara yang banyak meninggalkan kisah sejarah dan peninggalannya. Salah satu peninggalan yang terkenal dari kerajaan tersebut berupa arfetak yang sangat kental dengan agama Hindu dan emang kerajaan tersebut termasuk kedalam kerajaan beraliran agama Hindu.

Selain itu terdapat juga peninggalan sejarah lainnya berupa prasasti yang ditemukan di daerah Jawa Barat dan kota sekitarnya seperti di Bekasi, Bogor, Jakarta, Lebak (Banten), dan Pandeglang. kerajaan Tarumanegara pertama kali didirikan oleh raja yang bernama Purnawarman. Terdapat beberapa penjelasan sejarah tentang berdirinya kerajaan ini dari peninggalan-peninggalannya yang salah satunya adalah naskah Wangsakerta.

Isi dari Naskah Wangsakerta tersebut menjelaskan bahwa Kerajaan Tarumanegara sebenarnya pertama kali didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman yang kemudian kepemimpinannya dilanjutkan atau diteruskan oleh putranya yang bernama Dharmayawarman. Pemerintahan raja terus bergulir hingga akhirnya Kerajaan Tarumanegara berpindah tahta ke raja Purnawarman.

Raja Purnawarman menjadi sangat terkenal dalam memimpin kerajaan tersebut karena beliau membangun sebuah ibukota kerajaan yang baru yang letaknya dekat pantai. Nama kota tersebut adalah Sundapura, yang juga merupakan cikal bakal nama suku “Sunda”.

Kerajaan Tarumanagara terus berkembang dari waktu ke waktu, dan tercatat bahwa raja-raja yang pernah memimpin kerajaan Tarumanagara ada 12 generasi. Keruntuhan kerajaan Tarumanegara tersebut bukanlah disebabkan oleh adanya peperangan melainkan adanya penurunan masa pemerintahan. Ketika kerajaan Tarumanegara berdiri, kerajaan tersebut menguasai beberapa kerajaan lainnya karena memang kerajaan Tarumanegara tersebut merupakan kerajaan yang besar dan wilayah kekuasaannya sangat luas.

Seiring berkembangnya jaman, tahta para raja terus berganti hingga akhirnya suatu ketika tahta raja Tarumanegara dipimpin oleh Tarusbawa yang sebenarnya merupakan pimpinan dari kerajaan Sunda. Karena Tarusbawa pribadi menginginkan untuk tetap melanjutkan kerajaan Sunda maka mulailah timbulnya perpecahan antara pemerintahan kerajaan Tarumanegara tersebut.

Baca Juga : Sejarah Dibangunnya Jam Gadang, Monumen Kebanggaan Kota Bukittinggi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test