Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Sejarah Kerajaan Majapahit

Sejarah Kerajaan Majapahit – Majapahit merupakan kerajaan terbesar di nusantara. Bahkan kerajaan yang berhasil meng-kader Patih Gajah Mada sehingga punya ideologi menyatukan nusantara dengan Sumpah Palapa-nya tersebut, disegani oleh negara luar yang kekuatan militernya lebih dahsyat. Akhirnya Majapahit berhasil menyatukan nusantara bahkan didalamnya juga masuk malaya dan singapura saat ini.

Mengingat kisah kerajaan Majapahit adalah potret nilai prestisius sebuah sejarah, maka mengingat dan mengenangnya merupakan tindakan tepat. Agar estetika nilai yang dikandungnya tidak hilang musnah. Bahkan sejarah ini harus diwariskan ke generasi selanjutnya. Atas dasar itulah, berikut ini kami jelaskan sejarah kerajaan Majapahit.

Sejarah Kerajaan Majapahit

  1. Munculnya Majapahit

Majapahit muncul akibat terjadinya konflik antara raja Kediri dengan raja Singosari yang terakhir. Akibat konflik ini,  raja Kertanegara dan keluarganya menyerah kepada raja Kediri.

Tetapi sang menantu yaitu Raden Wijaya berhasil meloloskan diri ke Madura. Oleh Aryawiraraja, dia diberi hak membangun pemerintahan di daerah hutan bernama Alas Tarik. Pemerintahan itulah yang kelak bernama Majapahit.

Ketika kerajaan Majapahit sudah berdiri, Raden Wijaya pun melakukan pemberontakan kepada kerajaan Kediri. Akhirnya raja Kediri Jayakatwang terbunuh dalam perang yang sengit.

Setelah itu, Raden Wijaya pun mendeklarasikan dirinya sebagai raja Majapahit bergelar Sri Kertajasa Jayawardhana. Tepatnya pada tahun 1293 masehi.

  1. Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Majapahit runtuh di masa raja Patih Udara pada tahun 1518. Di kala itu, Majapahit menjadi penantang arogan terhadap penyebaran dakwah islam yang dikomandani kerajaan-kerajaan islam. Sehingga kerajaan-kerajaan ini berkoalisi untuk meruntuhkan Majapahit. Akhirnya kerajaan Majapahit takluk.

  1. Jejak Peninggalan Majapahit

Kerajaan Majapahit berdiri di daerah yang bernama Triwulan. Sebuah nama kecamatan di daerah Mojokerto. Disini peninggalan Majapahit masih tertata rapi dan menjadi situs sejarah.

Sebut saja Candi Tikus, Candi Brahu, Gapura Wringin Lawang dan lain lain.  Sebuah peninggalan kebudayaan yang menunjukkan kalau di masa itu, kreativitas masyarakat sudah tinggi dan unik.

Itulah sejarah munculnya kerajaan Majapahit di nusantara Kerajaan pilih tanding dengan berbagai kisah legenda yang melingkupinya. Di balik sejarah ini terdapat unsur nilai tertinggi terutama dalam hal sejarah. Yaitu belajar menghargai sejarah bangsanya.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test