Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Sejarah dan Proses Berkembangnya Islam Di Indonesia

Sejarah dan Asal Usul Serta Perkembangan Islam Di Indonesia – Tahukah kalian? masuknya Islam ke Indonesia bermula ketika negeri ini menjadi pusat perdagangan di Asia bahkan dunia.

Indonesia merupakan tempat singgah para pedagang yang berlayar dari berbagai negara termasuk dari wilayah timur tengah yang waktu itu penduduknya terlebih dahulu memeluk agama Islam.

Pedagang-pedagang tersebut mulai menjalin hubungan baik dengan penduduk lokal yang saat itu sebagian besar masih beragama Hindu.

Sembari berdagang dan menetap untuk sementara, para pedagang tersebut menceritakan tentang indahnya islam yang memiliki persamaan derajat dan tidak menganut sistim kasta.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan pada Masa Bani Umayyah

Sehingga banyak dari masyarakat Indonesia yang tertarik dengan agama Islam. Berdasarkan bukti temuan dan catatan sejarah, proses masuknya Islam ke Indonesia memiliki beberapa teori antara lain

Teori-teori Sejarah Masuknya islam ke indonesia

Teori gujarat

Teori ini menngungkapkan bahwa masuknya islam ke indonesia di bawa oleh orang-orang dari gujarat india pada abad ke 13. Teori ini didukung oleh tokoh ahli agama islam Belanda.

Selain itu ada juga sutterhein dan B.H.M Vlekke. Adapun dasar-dasar teori Gujarat sebagai berikut :

  • Sedikitnya fakta yang ditemukan menerangkan peran bangsa Arab dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
  • Adanya hubungan dagang yang sangat erat dengan bangsa-bangsa India, serta kemudahan jalur pelayaran dari India yang melalui Indonesia untuk sampai ke Eropa.
  • Ditemukannya batu nisan Sultan Malik As-Saleh di Samudera Pasai yang memperlihatkan ciri khas Gujarat.
  • Adanyapenemuan Marcopolo yaitu penduduk yang beragama islam di Peurelak pada tahun 1292 M, diperkirakan saat itu disebarkan oleh pedagang-pedagang dari Gujarat.
  • Adanya corak ajaran tasawuf yang merupakan ajaran yang biasa dipraktikkan oleh penduduk Muslim di India Selatan pada waktu itu.

Teori mekkah

Tokoh sejarah dari teori ini adalah van leur, T.W. Arnold dan Buya hamka yang merupakan tokoh agama, intelektual dan nasional.

Menurut tojoh-tokoh tersebut, islam masuk ke indonesia pada abad ke 7 M dan langsung di sebarkan dari orang mekkah yang memiliki dasar atau bukti sebagai berikut :

  • Adanyatemuan perkampungan muslim yang sudah adapada waktu itu di sekitar pantai Barus, Sumatera Barat yang dikenal sebagai Bandar Khalifah berdasarkan dokumen dari China yang ditulis oleh Chu Fan Chi.
  • Ditemukannya bukti arkeologis berupa makam kuno di pemakaman Mahligai, Barus. Pada salah stau nisannya, terdapat nama Syekh Rukunuddin yang meninggal pada tahun 672 Masehi.
  • Adanya pendapat arkeolog Prancis dan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional yang menyatakan sekitar abad ke 9-12 Masehi, Barus yang saat itu menjadi sebuah perkampungan Muslim yang ditinggali oleh berbagai suku bangsa seperti India, China, Aceh, Arab, Tamil, Jawa, Bugis, dan Bengkulu.
  • Kerajaan Samudera Pasai yang menganut mazhab Syafi`I, sama seperti masyarakat muslim Mesir dan Mekkah yang pada waktu itu menganut mazhab Syafi`i.

Teori Persia

Dalam teori ini dikatakan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang dari Persia (Iran) yang dimulai dari awal abad ke 12 Masehi.

Tokoh teori Persia ini didukung oleh P.A Husein Hidayat. Adapun bukti teori ini ada adalah :

  • Ditemukannya persamaan budaya antara muslim Persia dengan Indonesia, salah satunya adalah perayaan 10 Muharram atau peringatan Asyura yang mana oleh masyarakat Iran dipercaya sebagai lambang untuk mengenang peristiwa Husein bin Ali bin Abi Thalib yang terbunuh pada peristiwa Karbala, dengan perayaan atau tradisi Tabuik atau Tabuk di Sumatera Barat dan Jambi.
  • Ditemukannya suku Leran dan Jawi di Persia yang tinggal di Indonesia khususnya di daerah Gresik, Jawa Timur. Selain itu, ditemukannya tradisi penulisan Arab Jawi oleh suku Jawa yang menyerupai dari tradisi masyarakat Persia atas tulisan Arab.
  • Ditemukannya makam Maulana Malik Ibrahim yang bercorak khas Persia tahun 1419 di Gresik.

Proses masuknya islam di Indonesia

Pada mulanya agama islam masuk dan berkembang di Indonesia dengan damai oleh ulama-ulama penyebar agama Islam.

Mereka bahkan ada yang meleburkan ajaran-ajaran Islam ke dalam tradisi-tradisi dan adat istiadat yang telah ada terlebih dahulu di Indonesia, sehingga masyarakat lebih mudah dalam mempelajarinya.

Adapun proses masuknya Islam ke Indonesia melalui beberapa cara, yaitu :

  • Perdagangan,
  • Perkawinan
  • Pendidikan
  • Kesenian
  • Tasawuf
  • Dakwah

Baca Juga : Sumber, Bukti Dan Fakta Tentang Sejarah Indonesia

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test