Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Sejarah dan Asal-Usul Piramida Mesir

Sejarah dan Asal-Usul Piramida Mesir – Ritaelfianis.com –  Piramida Mesir merupakan kontruksi bangunan yang telah lama digunakan oleh bangsa Mesir kuno maupun bangsa Maya sebagai makam para raja terdahulu sekaligus sebagai tempat pemujaan.

Piramida Mesir menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia karena dianggap sebagai bangunan megah dan misterius.

Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai Sejarah dan Asal-Usul Piramida Mesir.

Mesir dikenal sebagai negeri piramid karena banyaknya jumlah piramid yang ada di negara ini.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan pada Masa Bani Abbasiyah

Sebagian besar piramid yang berjumlah sebanyak 118 buah dibangun disepanjang sungai Nil untuk menunjukkan betapa pentingnya sungai Nil bagi kehidupan warga Mesir.

Dari ratusan piramida yang ada di Mesir, sebanyak 30 buah tergolong piramida besar.

Piramida terbesar yang tercatat diberi nama Giza karena piramida ini dibangun di wilayah Giza. Kabarnya, piramida raksasa ini juga dapat dilihat dari bulan.

Sejarah Piramida Mesir

Selama ini sejarawan beranggapan bahwa piramida merupakan makam dari raja. Tanpa disadari dalam benak akan terpikir bahwa di dalam piramida akan banyak barang-barang berharga peninggalan raja.

Pada tahun 820 M dibawah kekuasaan khalifah Al-Makmun, dengan menggali jalan rahasia untuk masuk ke piramida, pemandangan di dalam piramida justru membuat kecewa.

Di dalam piramida hanya ada peti kosong tak tertutup dan temboknya pun hanya berupa bidang kosong tanpa ukiran.

Sejarawan pun mengambil kesimpulan bahwa ada pencurian dalam makam. Namun, hasil penyelidikan itu pun menunjukkan bahwa kemungkinan ada pencuri sangatlah kecil.

Karena sangat mustahil bagi pencuri makam, untuk mencuri tanpa meninggalkan jejak sedikitpun.

Jika dibandingkan dengan makam-makam raja lain yang banyak dipenuhi dengan peninggalan barang berharga, piramida raksasa yang dibuat sebagai bentuk peringatan kekuasaan raja Firaun ini terlihat lain daripada yang lain.

Menurut catatan Inventory Stela yang disimpan dalam museum Kairo, disebutkan bahwa piramida telah ada sejak awal saat sebelum Khufu meneruskan takhta.

Namun karena catatan ini menentang pandangan tradisional, ada masalah antara hasil penelitian oleh para ahli dengan penulisan yang ada pada buku.

Hal ini tanpa disadari telah menghambat kita untuk secara obyektif menilai kedudukan sejarah yang sesungguhnya.

Pembangunan Sejarah Mesir

Piramida Mesir hanya terdiri dari tumpukan bebatuan saja. Untuk membangun sebuah piramida raksasa sederhananya dibutuhkan sekitar 3 juta batu dan membuatnya berbentuk kerucut.

Jika ada sedikit saja kekurangan pada rancangan, maka bisa mengakibatkan piramida ambruk karena berat beban yang ditopang.

Selain memikirkan jumlah batu, faktor terpenting lain yang diperhatikan adalah titik puncak piramida yang harus berada pada bidang dasar dan tepat di antara titik tengah 4 sudut atas.

Sediki miring saja akan membuat piramida menyimpang dan membuat pembangunan ini gagal.

Lalu yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bagaimana meletakkan 3 juta batu besar dari permukaan tanah dan memasangnya setinggi lebih 100 meter pada posisi yang tepat?

Jean Francois Champollion yang dikenal sebagai Bapak Mesir Kuno mengungkap bagaimana cara pembangunan piramida.

Menurut Francois pembangunan piramida mungkin dilakukan oleh para manusia raksasa yang berjumlah sekitar 10 juta jiwa dengan lama waktu pembangunan selama 23 tahun.

10 tahun sebagai waktu persiapan dan perancangan, dan sisa waktunya untuk eksekusi bangunan.

Pendapat dari Francois kemudian didukung oleh Master Lu Hongzhu dan Daniel Bonn dari University of Amsterdam, Belanda, bahwa untuk membawa bahan bangunan piramid ke tengah Gurun dibutuhkan sebuah gerobak.

Untuk meringankan beban bantuan, dibutuhkan gerobak air untuk membasahi jalan agar mudah dilalui dan meringankan beban sebanyak 2 kali lipat.

Itulah penjelasan mengenai Sejarah dan Asal-Usul Piramida Mesir, semoga informasi ini memberikan wawasan bagi pembaca mengenai salah satu bangunan bersejarah seperti Piramida Mesir yang sampai saat ini masih di penuhi misteri. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian dan Sejarah Orde Lama

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test