Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Sejarah dan Asal Usul Penemuan Virus

Sejarah dan Asal Usul Penemuan Virus – Seluruh manusia didunia ini sudah tidak asing lagi dengan virus, bahkan virus  terus berkembang selain itu ada beberapa virus yang berbahaya dan juga virus yang tidak berbahaya.

Devini dari virus merupakan parasit mikroskopik yang sering menginfeksi sel organisme, virus disebut parasit karena keberadaannya yang selalu menumpang hidup yang  memanfaatkan sel makluk hidup lainnya untuk bereproduksi karena virus sendiri tidak memiliki jaringan perlengkapan seluler.

Virus juga mengandung asam nukleat (DNA atau RNA) dalam jumlah kecil namun keduanya tidak berkombinasi, selain itu DNA dan RNA telah diselubungi bahan pelindung yang terdiri atas lipid, protein, glikoprotein atau kombinasi dari ketiga.

Baca Juga : Pengertian, Struktur Tubuh dan Contoh Hewan Gastropoda

Sebenarnya antara virus dan bakteri memiliki istilah yang berbeda seperti halnya virus sering merujuk kepada partikel yang menginfeksi sel eukariota ialah jenis organisme multisel serta organisme bersel satu, sedangkan bakteri atau bakteriofag ialah jenis bakteri yang sering menyerang jenis sel prokariota atau organisme yang tidak memiliki inti sel.

Karena virus merupakan salah satu mahkluk hidup yang tidak bisa menjalankan fungsi biologis secara bebas, hal ini lah yang selalu menjadi bahan perdebatan, karena virus sendiri memiliki karakteristik yang selalu terisolasi pada suatu penyakit tertentu baik dengan manusia maupun dengan hewan.

Seperti beberapa virus yang terkenal ialah virus influenza dan HIV yang menyerang manusia. Sedangkan yang menyerang hewan anatara lain virus flu burung atau tanaman yang bernama mosik tembakau atau TMV.

ASAL USUL VIRUS

Virus memiliki bahasa latin yang bernama virion yang berarti virus dan pertama kali digunakan dalam bahasa inggris ditahun 1392.

Selain itu virus sebelumnyaa ditemukan oleh Dmitri Ivanovsky pada tahun 1892.

Dalam sejarah penemuannyya, virus yang pertama kali divisualisasikan dengan mikroskop ialah virus mosaik yang mneyrang tanaman daun tembakau

Berikut adalah perkembangan virus dari jaman ke jaman

  • Virus telah  menginfeksi katika zaman sebelum Masehi, yang diperkuat denfan beberapa penemuan yang melapotkan mengenai infeksi virus yang menunjukan adanya penyakit poliomyelitis. Serta kabat bhawa raja firaun juga meninggal dikarenakan terserang virus yang bernama smallpox pada tahun 1196 sebelum masehi.
  • Selain itu pada jaman sebelum masehin terdapat virus endemik yang sangat terkenal ialah virus smallpox yang menyerang penduduk tiongkok sekitar tahun 1000. Namun pada tahun 1779 oleh Edward Jenner telah menemukan beberapa pemerah susu yang mempunyai kekebalan terhadap virus smallpox yang telah menduga bahwa virus smallpox terdapat pada sapi. Dan penemuan tersbeutlah yang kemudian menjadi pelapor penggunaan vaksin.
  • Louis pasteur dan Robert Kock sekitar tahun 1880 telah mengemukakan suatu germ theory yakni mikroorganisme ialah salah satu penyebab penyeakit dan pada saat itu terkena dengan nama postulat kock yang sangat terkenal hingga saat ini.
  • Peneliatian terhadap virus dimuali ketika meneliti penyakit mosaik yang saat itu mneghambat pertumbuhan tembkau serta membuat tanaman tersbeut memiliki bercak. Adolf meyer yang menemukan berpendapat bahwa penyakit tersbut dapat menular ketanaman lain dan juga menyebutkan bahwa penyakit tersebut disebabkan karena bakteri yang lebih kecil.

itulah beberapa sejarah dan asal usul virus yang telah terdeksi sejak jaman dahulu bahkan sebelum tahun masehi.

Selain tanaman tembakau, virus juga menginfeksi manusia pada jaman saat itu. Kini virus terus semakin berkembang, oleh sebab itu banyak sekali dilakukan upaya untuk menghambat perkembangan virus karena virus susah dimusnahkan.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, dan Jenis Pembelahan Sel

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test