Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Sejarah dan asal-usul pembuatan permainan pokemon go

Sejarah dan asal-usul pokemon go – Seperti yang kita ketahui pokemon go merupakan pemainan augmented reality yang sedang booming atau sedang naik daun.

Makin hari makin banyak saja yang mendownload permainan ini ke ponel ataupun ke perangkat android lainnya.

Terdapat sejarah unik dalam pembuatan permainan ini dimana sebelumnya pokemon sudah dikenal lebih dari satu decade sejak kemunculan awalnya di jepang.

Pokemon go dikembangkan oleh John Hanke pria yang mendirikan perusahaannya di San Fransico, sebelum akhirnya sukses dengna pokemon go dia telah bergelut dengan pekerjaannya selama 20 tahun.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Kerja DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Pokemon go merupakan permainan hasil pengembangan developer Niatic yand didirikan oleh pria asal Texas John Hanke, perusahaan ini berbasis di San Fransisco.

Sebelum mengembangkan pokemon go, John Hanke telah malang melintang di dunia teknologi terutama dalam bidang pemetaan.

John Hanke merupakan salah satu pencipta google earth dan google map dan juga john Hanke merupakan salah satu pendiri Keyhole yaitu perusahaan yang berbasis peta yang dibeli oleh google, bahkan saat ini sebagian dair pekerja Niantic merupakan mantan karyawan google.

Niantic sendir merupakan startup yang didirikan di bawah naungan google, baru pada tahun lalu menjadi peruahaan independen.

Pemilihan nama Niantic labs mendapatkan inspirasi dari sebuah kapal besar bernama Niantic selama masa penambangan emas dan sempat mengalami masa terseok-seok di lautan, dan anda tidak akan tau kapan kesuksesan akan hadi saat itu.

John Hanke merupakan lulusan MBA dari University of California Berkeley, sebelum berkecimpung di startup john pernah bekerja di departemen luar negri AS. Sekitar tahun 1996 John membuat generasi pertama game dengan jenis MMO (massively multiplayer online) bernama Meridian 59, ia menjual game itu ke perusahaan 3DO untuk kemudian menggeluti bidang online Mapping.

John aktif di keyhole mulai tahun 2000 hingga perusahaan ini diakuisisi google, John merupakan sosok penting kesuksesan keyhole.

Dia mampu membuat keyhole menjadi perusahaan yang bertahan di masa gelap ketika waktu itu banyak startup gulung tikar unggah Brian McClendon yang merupakan salah satu pejabat keyhole.

Saat peluncuran google earth mengalami fenomena booming mirip dengan pokemon go saat ini dimana semua orang ramai-ramai mencobanya.

Setelah sukses berkiprah di google, John mendirikan startup sendiri bernama Niantic di tahun 2010  yang mengalami keberhasilan pertama di peluncuran game Ingress yang diunduh oleh sekitar 15 juta pengguna.

Masih banyak pemainnya yang loyal, di mana sekitar 10 ribu gamer Ingress diperkirakan hadir di sebuah event untuk gathering di Tokyo minggu ini.

Ingress adalah game genre fiksi ilmiah atau scifi, di mana ada dua faksi saling bertarung untuk memperebutkan portal yang lokasinya berada di dunia nyata. Salah satu fans berat dari Ingress adalah Tsunekazu Ishihara, CEO dari Pokemon Company yang sebagian sahamnya dimiliki Nintendo.

Terbentuklah ide membuat permainan Pokemon Go di mana Niantic di bawah komando Hanke menjadi eksekutornya. Pokemon go disebut-sebut sebagai penerus dari ingress dimana Niantic banyak mengambil data yang digunakan di ingress dan dimasukan ke pokemon goseperti lokasi portal yang dijadikan pokestop.

Baca Juga : Ramos i9s Game Edition, Tablet Android 8,9 Inci dengan Kontroller Wireless

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme