Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Proses penyerbukan dan pembuahan pada tanaman

Musimqq.Net Agen Bandar Q Domino Qiu Qiu Aduqq Dominoqq Poker Online Indonesia

1. Penyerbukan

Penyerbukan yaitu jatuhnya polen di kepala putik. Apabila polen jatuh di kepala putik, maka pada keaadaan normal ia akan menyerap cairan yang dihasilkan oleh putik. Setelah itu akan menggembung dan berkecambah. Pada saat itu dinding luar polen akan pecah. Oleh sebab itu, polen terus-menetus menyerap cairan dari kepala putik sehingga volumenya makin bertambah besar dan isi polen (protoplasma dan dua buah inti) yang terbungkus oleh selaput tipis dan lunak dapat keluar melalui pori yang telah pecah sebagai tabung polen.

Sebelum berkecambah, tiap butir polen mengandung dua buah inti yang disebut inti vegetatif dan inti generatif. Ketika mulai berkecambah, inti generatif (inti sperma) membelah diri sehingga dalam tabung polen ada dua buah inti sperma dan satu inti vegetatif. Inti vegetatif mengatur semua pertumbuhan tabung polen, dan dua buah inti sperma bertugas melakukan pembuahan di dalam bakal biji.

Polen yang berkecambah di atas kepala putik akan tumbuh memanjang ke bawah dan masuk ke dalam saluran tangkai putik menuju ke ruang bakal buah sampai ujungnya menyentuh kandung embrio. Oleh karena itu, tabung polen harus lebih panjang daripada tangkai putik.gggg

2. Pembuahan

Proses terjadinya pembuahan terjadi di dalam kandung embrio dari bakal biji yang sudah masak, yakni yang telah memiliki delapan inti (nuclei). Setelah masuk ke dalam runag bakal buah, bagian ujung tabung polen bergerak menuju kearah salah satu bakal biji. Tabung polen dapatmenyentuh nucellus melalui mikropil, setelah itu masuk ke dalam jaringan tersebut sampai ujung kandung embrio. Setelah menyelesaikan tugasnya inti vegtatif kemudian mati bersama protoplasma yang berada dalam tabung polen. Sedangkan kedua inti sperma telah masuk ke dalam kandung embrio untuk melakukan pembuahan. Salah satu inti sperma meleburkan diri dengan inti sel telur dan menjadi sebuah zigot.sedangkan inti sperma yang kedua bergabung dengan dua inti polar untuk membangun jaringan endosperm. Peleburan diri antara inti sperma dengan inti sel telur disebuat pembuahan (fertilization).

sekian artikel hari ini, selamat membaca dan semoga bermanfaat ^;^

salam rita elfianis

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test