Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Proses Pembuatan Kain Songket Sidemen

Proses Pembuatan Kain Songket Sidemen – Proses pembuatan sehelai kain songket Sidemen khas Bali dimulai dengan memintal benang, kemudian benang dibentangkan di alat perentang, dan helaiannya diikat dengan memakai tali rafia sesuai pola ragam hias dan warna – warna pilihan yang diinginkan.

Setelah pengikatan berpola selesai dikerjakan, maka benang mulai dicelup atau diwarnai.

Benang yang sudah diwarnai ini selanjutnya akan dipilah – pilah lalu ditenun kembali hingga menjadi kain.

Baca Juga : Pengertian Slip Gaji

Secara garis besar, kain songket Sidemen dapat dibedakan menjadi empat jenis berdasarkan atas jenis benang penyusun motif, yaitu kain songket benang emas, kain songket benang perak, kain songket benang katun, dan kain songket benang kombinasi (campuran).

Masing – masing jenis kain songket ini memiliki nilai harga jual tergantung dengan benang yang diaplikasikan dan banyak sedikitnya motif yang terangkai pada kain songket sangat menentukan nilai jual kain songket tersebut nantinya.

Misalnya kain songket benang emas akan dijual lebih mahal daripada kain songket dari benang perak ataupun dari benang katun karena memiliki daya tarik tersendiri dimana si pemakai akan terlihat lebih anggun dalam balutan kain emas nan eksotik, juga kain songket jenis ini rata – rata memiliki motif yang sangat rapat dan padat dimana dalam proses pembuatannya membutuhkan banyak benang dan agak rumit, sehingga harga songket menjadi lebih mahal.

Kain songket yang tercantik biasanya kain songket yang terbuat dari kombinasi benang campuran, seperti benang katun – emas, atau benang katun – perak, atau benang emas – perak.

Kombinasi ini menghasilkan kain songket Sidemen yang berkualitas sempurna tetapi dengan harga yang terjangkau.

Kain songket Sidemen campuran banyak disukai oleh generasi muda karena memiliki koleksi warna kain yang cantik dan terus mengalami perkembangan sebagai komoditas utama terhadap dunia fashion yang berbasiskan adat dan budaya warga Bali.

Nah, bagi anda yang sedang berlibur ke Bali dan ingin mengenal serta melihat secara langsung proses pembuatan kain songket Sidemen, anda bisa langsung berkunjung ke Kecamatan Sidemen tepatnya di daerah Cepik.

Cepik adalah salah satu tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Sidemen, memiliki keindahan alam pegunungan dan persawahan yang berundak – undak (terasering).

Selain anda bisa jalan – jalan di pagi hari sambil menikmati keindahan alam sekitar yang selalu menghijau di sepanjang tahun, anda juga bisa membeli beberapa lembar kain songket Sidemen secara langsung dari para pengrajin kain songket tradisional khas Bali yang banyak ada di daerah ini dengan harga yang lebih murah.

Apalagi kondisi liburan di Cepik semakin nyaman untuk anda coba karena banyak terdapat penginapan (villa) dan restoran dengan menawarkan harga terjangkau, sehingga anda tidak akan merasa khawatir akan masalah penginapan jika terlalu malam jalan – jalan di sentral kerajinan tenun songket Sidemen khas Bali.

Baca Juga : Jenis Pinjaman Danai Tunai

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test