Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Proses pembentukan sel gamet pada tanaman

Proses pembentukan gamet jantan disebut juga dengan mikrosporogenesis. Sedangkan proses pembentukan gamet betina disebut juga dengan megasporogenesis.

Pada proses pembentukan sel gamet jantan, sel induk mikrospora diploid (mikrosporosit) dalam antera membelah secara meiosis I dan menghasilkan sepasang sel haploid. Dan pada meiosis II menghasilkan empat mikrospora haploid (n). setiap mikrospora akan mengalami kariokinesis (pembelahan inti), sehingga menghasilkan dua inti yang haploid yaitu satu inti dinamakan inti saluran serbuk sari dan satu inti generatif. Inti generatif membelah secara meiosis tanpa disertai sitokinensis (pembelahan sitoplasma) dan terbentuklah dua inti sperma (n). inti serbuk sari tidak membelah. Serbuk sari yang sudah masak mengandung 3 inti haploid yaitu satu inti saluran serbuk sari dan dua buah inti sperma. Dua buah inti sperma terdiri atas inti generative dan inti vegetatif.

mmmm

Sedangkan proses pembentukan sel gamet betina, sel induk megaspora (sel induk kantung lembaga) yang diploid akan membelah secara meiosis dan dari satu sel induk kantung lembaga membentuk empat sel yang haploid. Tiga sel akan mereduksi dan lenyap, satu sel berkembang lebih lanjut. Satu sel tersebut membelah secara mitosis sebanyak tiga kali , pembelahan kedua menghasilkan empat inti sel dan pembelahan ketiga menghasilkan  delapan inti sel. Dari inti sel yang berjumlah delapan ini,  dua inti sel (inti polar) bergerak kebagian tengah kandung embrio, tiga inti sel (1 sel telur + 2 sinergid) menuju ke bagian ujung kandung embrio yang terletak dekat mikropil, tiga inti sel (inti antipodal) menuju ke bagian ujung lainnya yang letaknya paling jauh dari sel telur (berlawanan dengan mikropil). Dari tiga inti sel (yang menuju dekat mikropil), dua inti sel menjadi sigengid dan satu inti sel lagi menjadi sel telur, dan inti sel lainnya yaitu tiga intiantipodal dan dua sinergid akan mati.

Letak delapan buah inti yang teratur terbagi kedalam tiga kelompok yaitu

  1. Kelompok I, terdiri atas inti sel telur dan dua inti sinergid, yang didalam kandung embrio terletak dibagian ujung mikropil
  2. Kelompok II, terdiri atas dua inti polar, terlatak dibagian tengah dari kandung embrio
  3. Kelompok III, terdiri atas tiga inti antipodal, terletak di bagian ujung lainnya dari kandung embrio, yaitu pada jarak yang paling jauh dari inti sel telur atau mikropil (dekat chalaza).

Putik yang telah masak biasanya mengeluarkan cairan lengket pada ujungnya yang berfungsi sebagai tempat melekatnya serbuk sari.

Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat ^;^

Salam Rita Elfianis

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test