Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Proses Glikolisis Aerobik

Proses Glikolisis Aerobik – Tubuh manusia sebenarnya memang tak ada ubahnya dengan sebuah mesin, mengingat serangkaian proses yang ada di dalamnya berjalan secara terprosedur.

Proses Glikolisis Aerobik

Proses Glikolisis Aerobik

Tak hanya itu karena untuk mendapatkan apa yang diinginkan tubuh juga harus memprosesnya sendiri berdasarkan bahan baku yang sudah ada.

Jika mesin-mesin pada umumnya membutuhkan bahan bakar berupa listrik yang bisa membuat kinerjanya berlangsung maka untuk manusia harus menggunakan bahan bakar dari makanan. Tak salah jika makanan dikatakan sebagai sumber energi manusia.

Keberadaan bahan makanan menyimpan banyak sekali zat bermanfaat diantaranya adalah vitamin, lemak, mineral, protein dan karbohidrat. Dari semua jenis zat makanan tersebut karbolah yang menjadi sumber energi utama, itulah mengapa saat mengonsumsi sebuah makanan manusia justru akan lebih memperbanyak porsi karbohidrat dibandingkan dengan zat yang lainnya, meskipun nantinya tak semua digunakan untuk memperoleh energi namun ada sebagian diantaranya yang berfungsi untuk cadangan dalam bentuk daging. Inilah mengapa jika terlalu banyak makanan bisa menyebabkan kegemukan begitu juga dengan sebaliknya.

Rangkaian proses kimia untuk mendapatkan energi ini juga bervariasi, mulai dari glikosisi dan juga siklus krebs. Untuk jenis glikolisis sendiri merupakan tahap yang sudah pernah dibahas sebelumnya untuk mengubah ATP menjadi asam piruvat. Namun ternyata glikosisi dibagi lagi ke dalam 2 jenis yaitu aerobik dan anaerobik. Untuk yang kali ini kita akan membahas tahapan yang membutuhkan peran oksigen atau glikolisis aerobik. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa glikolisis terjadi pada bagian yang bernama sitoplasma.

Reaksi glikolisis aerobik ini sebenarnya mutlak diperlukan untuk memecah glukosake dalam molekul yang lebih kecil, hal ini tentunya membutuhkan oksigen sebagai perantara. Selama proses pengubahannya juga ada beberapa komponen penting yang mutlak diperlukan yaitu cahaya matahari, nantinya glukosa akan diubah menjadi karbondioksida dan juga air dengan energi yang sudah terserap ke dalamnya, dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa oksigen merupakan bagian yang sangat penting agar reaksi tetap bisa berlanjut ke depannya.

Selama ada tiga tahapan respirasi aerobik diantaranya adalah glikolisis kemudian ada siklus krebs dan transpor elektron maka selanjutnya ada hasil juga yang di dapatkan. Sejumlah proses tersebut nantinya akan menghasilkan 2 asam piruvat dan ada 2 lagi molekul air yang selanjutnya akan dilepas pada reaksi krebs untuk memperoleh ATP.

Pada tahapan ini sebenarnya dimulai dari pembentukan 36 ATP sebelum nantinya masuk ke dalam glikolisis aerobik, reaksi seluler ini sebenarnya merupakan bagian dari reaksi kimia di dalam tubuh manusia. Jangan salah karena ternyata tubuh manusia sudah disusun sebagaimana macamnya untuk bisa bekerja sendiri menciptakan apa yang dibutuhkan. Bahan yang paling penting untuk menunjang serangkaian hal tersebut memang glukosa di dalam tubuh.

Glukosa sebagai bahan awal akan mengalami serangkaian reaksi dari mulai pembentukan ATP, masuk ke dalam reaksi glikoliisis nantinya akan diubah menjadi asam piruvat, sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa hasil juga akan bergantung pada jenis reksi respirasinya apakah membutuhkan oksigen atau juga tidak.

Proses glikolisis berakhir bukan berarti reaksi respirasi juga berakhir karena masih ada serangkaian proses yang akan senang hati melanjutkannya yaitu siklus krebs dan transfer elektron. Pada bagian yang paling akhir dalam glikolisis aerobik ini nantinya akan menghasilkan dua molekul air, dua tiga asam piruvat dan juga ada dua ATP. Meskipun sebelum memasuki tahapan selanjutnya dari asam piruvat tersebut akan diubah lagi menjadi ATP.

Baca Juga : Cabang-cabang Ilmu Biologi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test

Warning: require_once(/home/ritaelfianis/public_html/25f6f2eb862feef312bc0f166a3338c6c7d89844/promo.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/ritaelfianis/public_html/wp-content/themes/frontier/footer.php on line 39

Fatal error: require_once(): Failed opening required '/home/ritaelfianis/public_html/25f6f2eb862feef312bc0f166a3338c6c7d89844/promo.php' (include_path='.:/opt/cpanel/ea-php71/root/usr/share/pear') in /home/ritaelfianis/public_html/wp-content/themes/frontier/footer.php on line 39