Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Proses dan Sistem Peredaran darah pada manusia

Proses dan Sistem Peredaran darah pada manusia – Pada manusia, sistem peredaran darah tersusun atas jantung yang berfungsi sebagai pusat dari peredaran darah, pembuluh-pembuluh darah, dan darah itu sendiri.

Jantung sebagai pusat dari peredaran darah memiliki empat ruang yaitu dua buah serambi / atrium dan dua buah bilik / ventrikel dan letaknya adalah di dalam rongga dada sebelah kiri, diatas diafragma.

Jantung terbungkus oleh perikardium yang terdiri dari dua lembar.

Baca Juga : Apakah Kita Bisa Hidup Dengan Satu Ginjal?

Pembuluh darah terdiri dari arteri dan vena. Arteri terhubung dengan vena pada bagian kapiler. Arteri letaknya bersebelahan dengan vena. Dinding vena lebih tebal daripada dinding arteri.

Baik dinding vena maupun dinding arteri memiliki tiga lapisan yaitu lapisan bagian dalam yang terdiri dari endothelium, lapisan tengah yang terdiri dari otot polos dengan serat elastis, dan lapisan luar yang terdiri dari jaringan ikat dan serat elastis.

Pembuluh darah arteri memiliki ciri sebagai berikut :

  • Tempat mengalir darah yang dipompa dari bilik
  • Pembuluhnya bersifat liat dan elastis
  • Terdapat katup di bagian luar jantung
  • Tekanan pembuluh lebih kuat daripada pembuluh balik
  • Terdiri dari aorta, arteriol, dan kapiler.

Sedangkan pembuluh vena memiliki ciri sebagai berikut :

  • Terletak pada permukaan kulit
  • Dinding pembuluhnya tipis dan tidak elastis
  • Tekanan pembuluh lebih lemah daripada pembuluh nadi
  • Terdapat katup yang berbentuk bulan sabit

Darah pada tubuh manusia berwarna merah karena mengandung hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dan karbondioksida. Pada darah terdapat plasma dan sel darah yang terdiri dari eritrosit, leukosit, dan trombosit.

Peredaran darah pada manusia merupakan peredaran darah tertutup karena darah yang dialirkan dari dan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan darah mengalir melewati jantung sebanyak dua kali, karena itu disebut sebagai peredaran darah ganda. Peredaran darah tersebut terdiri dari :

  • Peredaran darah besar yaitu peredaran darah yang mengalirkan darah dari bilik kiri jantung kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh, kemudian darah yang mengandung karbondioksida dibawa ke serambi kanan.
  • Peredaran darah kecil yaitu peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Darah yang banyak mengandung karbondioksida dari bilik kanan dialirkan ke paru-paru kemudian di paru-paru darah tersebut bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang selanjutnya dialirkan ke serambi kiri jantung.

Baca Juga : Tahapan Dalam Perkembangan Pada Tulang Osifikasi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme