Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Perbedaan Antara Karbanion dan Karbokation dalam Ilmu Kimia

Perbedaan Antara Karbanion dan Karbokation – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari perbedaan antara karbanion dan karbokation dalam ilmu kimia.

Akan tetapi, sebelum mempelajari perbedaan antara keduannya.

Mari kita pelajari terlebih dahulu, pengertian dari karbanion dan karbokation dalam ilmu kimia terlebih dahulu.

Pengertian Karbanion dalam Ilmu Kimia

Dalam ilmu kimia, definisi dari karbanion ialah spesies molekul organik dengan muatan listrik negatif yang berada di atom karbon.

Sehingga, dapat dikatakan jika karbanion merupakan anion dimana sebuah atom karbon memiliki sepasang elektron yang tidak dibagi dengan tiga sebstituen.

Baca Juga : Pengertian sederhana Foton dalam 2 menit

Dengan begitu, jumlah total elektron valensi sama dengan delapan. Semuanya dibuat dengan cara menghapus kelompok lain yaitu kelompok yang bermuatan positif atau atom dari kelompok netral.

Selain itu, semuanya juga sangat penting dalam proses intermediet kimia untuk mensintesis zat-zat lainnya lagi seperti plastik dan polietilen.

Karbanion terkecil adalah CH3atau ion metina yang terbentuk dari CH4 atau metana, karena adanya kehilangan Hatau proton didalamnya.

Pengertian Karbokation dalam Ilmu Kimia

Dalam ilmu kimia, definisi karbokation ialah spesies kimia yang mengandung muatan positif pada atom karbon. Jika dilihat dari namanya saja, sudah memberikan penjelasan yang sangat jelas dan luas jika karbokation merupakan kation atau ion bermuatan positif dan kata karbon mengacu pada atom karbon.

Umumnya karbokation mencakup beberapa kategori atau beberapa macam seperti karbokation primer, karbokation sekunder, dan karbokation tersier.

Ketiga kelompok karbokation tersebut diklasifikasikan sesuai dengan jumlah gugus alkil yang terikat pada atom karbon yang bermuatan positif, stabil, dan reaktivitas yang bermacam-macam namun sangat bergantung substituent tersebut.

Setelah mempelajari pengertian dari karbonion dan karbokation, maka tiba saatnya untuk kita membahas perbedaan antara keduannya dalam ilmu kimia.

Perbedaan Antara Karbanion dan Karbokation dalam Ilmu Kimia

Secara umum, perbedaan antara karbanion dan karbokation adalah muatan yang dikandung oleh keduannya karena memiliki muatan yang berlawanan.

Sebab karbokation merupakan ion bermuatan negative, sedangkan karbokation merupakan ion bermuatan positif. Kestabilan antara keduannya bergantung dengan beberapa faktor dan sangat penting dalam sintesis senyawa kimia lainnya. Berikut perbedaan antara karbanion dan karbokation dalam ilmu kimia yang lebih terperinci.

Karakteristik

  • Karbanion : Karbanion memiliki tiga pasang ikatan dan satu pasang elektron bebas, sehingga hibridisasi yang dimilikinya ialah sp3 dan bentuk geometri yang dimilikinya adalah piramida.
  • Karbokation : Karbokation merupakan hibridisasi sp2 yang memiliki struktur molekul trigonal planar. Untuk melengkapi oktet, karbokation membutuhkan satu pasang elektron. Selain itu karbokation juga dapat bereaksi dengan nukleofit, dapat terdeprotonasi dari ikatan pi, dan dapat juga memiliki kembali pengaturan dalam spesies yang sama.

Stabilitas

  • Karbanion : Stabilitasnya bergantung dengan beberapa faktor seperti elektronegativitas karbon carbanionic, efek induksi, dan efek resonarse.
  • Karbokation : Stabilitasnya bergantung dengan beberapa faktor seperti lebih stabil ketika gugus –R lebih melekat pada atom karbon positif.

Baca Juga : 4 Tahap Reaksi Biokimia dalam Tubuh Manusia

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme