Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Peran Bank Indonesia Guna Menjaga Kondisi Kestabilan Sistem Keuangan

1. Pengertian Stabilitas Sistem Keuangan

Yang dimaksud dengan stabilitas sistem keuangan dalam hal ini adalah menjelaskan tentang sebuah sistem keuangan yang sudah memasuki tahap – tahap tak stabil ketika sistem yang dimaksud telah membahayakan atau menghambat terjadinya kegiatan ekonomi.

Berbagai perkembangan di dalamnya seperti globalisasi sektor finansial cenderung meningkat didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih menyebabkan sistem keuangan menjadi terintegrasi tanpa adanya jeda waktu atau batas – batas wilayah.

Ditambah dengan adanya inovasi terhadap produk keuangan yang semakin dinamis lalu muncullah beragam kerumitan di dalamnya mampu memicu terjadinya kondisi tak stabil terhadap sistem keuangan yang menyebabkan agak susah mengentas ketakstabilan yang terlanjur terjadi.

Pengidentifikasian terhadap sumber yang menyebabkan munculnya kondisi tak stabil terhadap sistem keuangan yang sudah ada pada umumnya mengarah kepada sifat terlalu memfokus melihat ke depan, agar lebih mudah mengetahui resiko – resiko apa saja yang mempunyai potensi menjadikan sistem bersangkutan semakin berbahaya sehingga jika dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan perekonomian menjadi lumpuh.

2. Pentingnya Stabilitas Sistem Keuangan

Krisis ekonomi yang pernah terjadi di Indonesia adalah krisis keuangan pada tahun 1998. Dimana untuk mampu mengembalikannya dibutuhkan stabilitas keuangan.

Dimana diketahui bahwa sistem keuangan memiliki peranan cukup penting dalam perekonomian suatu negara, yang diharapkan mampu untuk berfungsi menempatkan sejumlah dana yang berasal dari pihak – pihak tertentu yang mengalami ‘surplus’ kepada sebuah kondisi yang mengalami ‘defisit’. Nah berdasarkan atas pengalaman – pengalaman di masa lalu, maka sistem keuangan tak stabil terutama apabila sampai menimbulkan masa – masa krisis akan membutuhkan biaya cukup tinggi guna menyelamatkan mereka.

3. Peran Bank Indonesia Dalam Melakukan Stabilitas Sistem Keuangan

Dikenal sebagai satu – satunya Bank Sentral di Indonesia, Bank Indonesia mempunyai 5 peran utama yang berfungsi sebagai media dalam menjaga stabilitas kondisi sistem keuangan di Indonesia.

Adapun kelima peran yang dimaksud tersebut di atas adalah sebagai berikut :

  • Bank Indonesia bertugas untuk menjaga kondisi kestabilan ‘moneter’ melalui keadaan suku bunga di dalam sebuah operasi yang luas berkaitan dengan kondisi pasar terbuka.
  • Bank Indonesia mempunyai peranan khusus dan cukup penting guna menciptakan sebuah kinerja tentang lembaga keuangan yang sehat melalui sebuah mekanisme berupa pengawasan dan sistem regulasi.
  • Bank Indonesia berwenang untuk mengatur serta menjaga dari kelancaran sebuah sistem pembayaran.
  • Bank Indonesia berwenang melalui fungsinya yaitu sebagai riset dan pemantauan tentang kondisi perbankkan secara umum di Indonesia adalah dengan cara mengakses informasi – informasi penting yang dinilai akan mengancam kondisi stabilitas keuangan.
  • Bank Indonesia memiliki wewenang yaitu berfungsi sebagai sebuah jaring pengaman terhadap sistem keuangan dengan melalui fungsi – fungsi utama sebagai Bank Sentral / ‘leader of the last resort’ atau LOLR.

Itulah  beberapa  informasi  tentang  Peran Bank Sentral Indonesia Guna Menjaga Kondisi Kestabilan Sistem Keuangan, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat !

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test