Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Ketahuilah Penyebab Turunnya Nabi Adam dan Siti Hama Ke Bumi

Kita pasti mengenal Nabi Adam AS sebagai sosok manusia pertama yang diciptakan oleh Allad Swt setelah Dia menciptakan malaikat dan iblis. Kisah penciptaan Nabi Adam AS diungkapkan dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah (2) : 30 yang berbunyi :

Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi”. Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sungguh Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.

Nabi Adam AS diberikan kemampuan yang tidak Allah berikan kepada malaikat, yaitu ilmu pengetahuan dan nafsu, dengan ilmu pengetahuan itulah Allah mengajarkan Nabi Adam AS beberapa nama benda.

Ketahuilah Penyebab Turunnya Nabi Adam dan Siti Hama Ke Bumi

Ketahuilah Penyebab Turunnya Nabi Adam dan Siti Hama Ke Bumi

Allah mengumpulkan malaikat di sekitar Nabi Adam AS, kemudian Allah menyediakan berbagai bentuk benda. Allah meminta malaikat menyebutkan nama-nama benda yang dilihat oleh mereka. Malaikat rupanya tidak mampu menjawab tantangan tersebut. Allah meminta Nabi Adam AS untuk menyebutkan nama-nama benda yang dilihatnya.

Dia mampu menyebutkan semua nama benda tersebut tanpa kesalahan. Kejadian tersebut direkam dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah (2) : 33 yang berbunyi : Dia berfirman, “Wahai Adam! Beritahukanlah kepada mereka nama-nama itu!” Setelah dia menyebutkan nama-namanya, Dia berfirman, “Bukankah telah Aku katakan kepadamu nahwa Aku megetahui rahasia langit dan bumi dan Aku mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan”.

Kemampuan nafsu pada diri Nabi Adam AS bisa membuatnya memahami perasaan dengan lebih baik. Dia pun bisa merasa kesepian walaupun dikelilingi dengan berbagai kenikmatan yang ada di surga. Nabi Adam AS mendapatkan pendamping hidup yang bernama Hawa atas izin Allah Swt.

Penyebab Turunnya Nabi Adam dan Hawa ke Bumi

Peristiwa tutunnya Nabi Adam AS dan Hawa ke bumi bukanlah suatu kebetulan. Allah Swt tentu telah menyiapkan hubungan sebab-akibat di balik ketetapan tersebut.

Nabi Adam AS dan Hawa diturunkan ke bumi dalam kondisi berpisah. Mereka tentu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa berjumpa kembali. Berikut merupakan penjelasan mengapa Nabi Adam dan Hawa turun ke bumi.

1. Melanggar Larangan Allah Berupa Memakan Buah Khuldi

Nabi Adam AS dan Hawa telah terjebak dalam tipu muslihat iblis dengan meminta mereka memakan buah khuldi, padahal Allah telah memperingatkan mereka untuk tidak mendekati pohon khuldi, apalagi sampai memakan buah khuldi.

Pakaian surga yang melekat pada tubuh mereka lepas seketika. Mereka tentunya malu dan mencoba bersembunyi, namun Allah Swt mengetahui apa yang mereka perbuat.

Allah pun marah kepada Nabi Adam AS dan Hawa karena mendekati apa yang dilarang-Nya. Mereka segera bertaubat tepat dihadapan-Nya.

Allah langsung mengampuni mereka karena Allah adalah Dat yang Maha Memberi Maaf. Mereka tetap diturunkan ke bumi untuk mempertanggungjawabkan kesalahan yang telah mereka perbuat.

2. Rencana Allah untuk Menjadikan Manusia sebagai Pemimpin di Muka Bumi

Al-Qur’an Surah Al-Baqarah (2) : 30 telah menceritakan rencana Allah untuk menciptakan manusia sebagai pemimpin di bumi yang telah diciptakan-Nya. Dia mendiskusikan rencananya bersama malaikat.

Allah telah menciptakan Nabi Adam AS dan Hawa sebagai manusia pertama dalam sejarah peradaban manusia, tidak salah apabila Allah memutuskan untuk menurunkan mereka ke bumi karena Allah bermaksud memberi petunjuk kepada mereka yang nantinya mereka ajarkan kepada keturunannya demi menjaga keselamatan hidupnya selama di dunia.

Sumber : https://kisahnabi.id/kisah-nabi-adam/

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test

Warning: require_once(/home/ritaelfianis/public_html/25f6f2eb862feef312bc0f166a3338c6c7d89844/promo.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/ritaelfianis/public_html/wp-content/themes/frontier/footer.php on line 39

Fatal error: require_once(): Failed opening required '/home/ritaelfianis/public_html/25f6f2eb862feef312bc0f166a3338c6c7d89844/promo.php' (include_path='.:/opt/cpanel/ea-php71/root/usr/share/pear') in /home/ritaelfianis/public_html/wp-content/themes/frontier/footer.php on line 39