Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Penyebab, Contoh, Macam Dan Dampak Polusi Suara

Penyebab, Contoh, Macam Dan Dampak Polusi Suara – Pengertian polusi suara adalah adanya gangguan di dalam sebuah lingkungan yang diakibatkan oleh adanya / munculnya bunyi atau suara – suara terlalu keras atau bising yang menyebabkan rasa ketidaktentraman makhluk hidup yang tinggal di sekitar bunyi – bunyian tersebut berasal.

Adapun penyebab, contoh, macam, dan dampak polusi suara yang lebih lengkap akan kami bahas melalui artikel ini dengan harapan bisa memberikan ide untuk menghindar dan menambah wawasan yang berguna di masa depan terkait dengan objek ini.

Polusi suara muncul sebagai akibat dari suara – suara yang bervolume tinggi dengan nada keras dan melengking dimana pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya kebisingan karena suara – suara yang dibuat tersebut memang sengaja / tidak disengaja menyebabkan terjadinya kebisingan sehingga membuat rasa kurang suka dan nyaman terhadap makhluk hidup sekitarnya.

Penyebab Polusi Suara

Seperti dijelaskan di atas bahwa polusi suara disebabkan karena adanya bunyi atau suara yang berasal dari sebuah / beberapa benda yang jika digerakkan atau dibanting akan mengeluarkan bunyi cukup keras sehingga bisa mengganggu terhadap lingkungan dan makhluk hidup yang kebetulan berada di dekat atau seputaran daerah tersebut. Nah tingkat kebisingan dari suara – suara tersebutlah yang sangat mengganggu lingkungan sehingga terjadilah pencemaran suara.

Secara lebih rinci akan kami jelaskan tentang penyebab terjadinya polusi suara yaitu sebagai berikut :

  • Suara – suara bising dari mesin pesawat.
  • Suara yang berasal dari alat transportasi darat contohnya kereta api, atau sepeda motor yang sudah mengalami modifikasi / sepeda wor.
  • Suara – suara keras dari alam seperti petir ketika sedang musim hujan atau suara letusan gunung berapi yang kebetulan berdekatan dengan desa dimana anda tinggal.
  • Suara – suara dengung dari TOA atau speaker yang dalam kondisi kurang bagus.

Nah itulah beberapa penyebab munculnya polusi suara yang jika dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan telinga anda menjadi sakit. Dimana polusi suara memiliki beberapa macam sesuai dengan definisi dan penyebabnya, di bawah ini akan kami berikan contoh – contoh nyata sebagai akibat adanya polusi suara adalah sebagai berikut :

  • Contohnya adalah mendapatkan tekanan darah tinggi.
  • Adanya sistem pendengaran yang mulai rusak.
  • Jantung berdetak dengan cepat dan semakin cepat sebagai akibat tekanan darah yang melonjak naik.
  • Adanya gangguan psikologis sebagai akibat stres yang berkepanjangan. 5/Munculnya penyakit – penyakit lain disebabkan karena gangguan psikologi terhadap penderita polusi suara.

Dampak Yang Terjadi Dari Polusi Suara

Akibat yang kemungkinan besar akan terjadi dari polusi suara yang berkepanjangan adalah stres berkepanjangan yang berkelanjutan dengan kemungkinan anda terkena penyakit tekanan darah seperti yang dijelaskan di atas. Juga terhadap orang yang mengidap penyakit jantung akan mudah sekali mengalami kambuhan. Polusi suara identik dengan suara – suara terlalu keras yang dapat mengganggu sistem pendengaran.

Masing – masing manusia dan makhluk hidup di bumi ini pastilah mendambakan kehidupan dengan suasana tentram dan tenang serta damai. Namun apabila pencemaran melalui polusi suara merenggut dambaan mereka maka mereka yang tinggal di sekitar permasalahan sering muncul seperti bandara atau terminal dan bengkel, atau di daerah kawasan industri / kebisingan mesin pabrik akan rentan terkena kebisingan dan harus dihindari.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test