Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Pentax Rilis Kamera DSLR Full Frame Pertamanya

Pentax Rilis Kamera DSLR Full Frame Pertamanya – Kabar gembira bagi Pentaxian (sebutan para pengguna setia Pentax ) karena setelah bertahun-tahun menunggu akhirnya Ricoh Pentax Management mengumumkan kamera dengan format full frame 35mm akan segera keluar.

Untitled

Walaupun bisa dikatakan terlambat dari competitor lainnya seperti Canon yang telah memiliki kamera full frame pertama di tahun 2002 (Canon EOS 1Ds) dan Nikon di tahun 2007 (Nikon D3), kabar ini merupakan angina segar bagi para Pentaxian.

Pentax memang memiliki banyak varian lensa yang kompatibel dengan format full frame. Pada era kamera film, penggunanya cukup banyak untuk kamera dan lensa dari Pentax.

Akan teatapi, saat memasuki era digital, konsentrasi Pentax hanya tertuju pada format sensor APS yang lebih kecil, begitu juga dengan perkembangan lensa-lensa dari Pentax yang hanya dominan dengan format APS-C yang dinamakan lensa DA.

Tuntutan pasar digital yang berkembang cukup pesat mendorong Pentax akhirnya mengembangkan sistem kamera full frame untuk memenuhi kebutuhan para pengguna setia Pentax dan pemiliki lensa-lensa SLR Pentax.

Mock-up alias dummy dari kamera full frame ini telah muncul dan produk asli Kamera DSLR full frame digital pertama Pentax ini dijanjikan akan rilis akhir tahun 2015 sekitar bulan Oktober. Kamera ini dibandrol dengan harga sekitar USD $2200 sesuai informasi resmi dari Ricoh/Pentax bersamaan saat menunjukkan prototype dalam pameran fotografi CP+ di Yokohama, Jepang bulan lalu.

Dari informasi yang diperoleh belum jelas nama apa yang akan dipakai pada kamera ini, yang pasti menggunakan K-Mount dan akan kompatible dengan lensa DA (APS-C) yang tentu saja dengan crop factor tertentu.

Terlihat dari prototipe resmi di atas, bodi gayanya masih mengadaptasi penyatuan gaya lama Pentax 67 dengan desain yang ergonomis karena dipengaruhi model K3. Belum pasti apakah kamera akan datang dengan fitur built-in flash, informasinya belum jelas. Meski bukan spesifikasi resmi, tapi berikut bocoran yang beredar mengenai spesifikasinya:

  • Sensor: 36 Megapixel CMOS FF tanpa lowpass filter
  • Bodi: Pentax KAF3 denan stainless steel bayonet
  • Sistem AF: SAFOX XI dengan phase detection 27 titik (25 in cross dan 3 of f2.8 )
  • Viewfinder: pentaprism coverage 100%
  • LCD: 3.2 “TFT
  • Tanpa Built In Flash
  • Slot memory: 2 SDXC
  • Stabilizer: pada sensor dengan sistem reduced movement and rotation compensation ( 3.5EV TBD)
  • Metering: TTL using a 86000 pixels RGB sensor
  • ISO: 100-102,400

Baca Juga : Cara Reset Password Admin Opencart di Phpmyadmin 

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme