Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nilam

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nilam – Tanaman nilam / pogostemon cablin benth merupakan jenis tanaman semak yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis yang mana tanaman ini tumbuh tegak, bercabang banyak, bertingkat – tingkat dan juga memiliki aroma yang khas yaitu wangi dan segar.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nilam

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nilam

Tanaman nilam termasuk ke dalam famili lamiacea dan ordo dari lamiales yang secara umum bermanfaat sebagai penghasil minyak mirip dengan minyak atsiri atau minyak nilam.

Kandungan nilan tidak hanya minyak atsiri saja melainkan memiliki kandungan kimia yang lainnya meliputi tanim, saponim, flavonoida, terpenoid dan steroid.

Di samping itu minyak nilam mempunyai kandungan alcohol yang berfungsi sebagai salah satu bahan anti bakteri yang mana senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri – bakteri jahat. Nah untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman nilam, maka berikut ini akan kami sajikan klasifikasi nilam dan morfologi nilam sebagai berikut :

Mengenal Klasifikasi Tanaman Nilam

Kingdom Plantae
Sub kingdom Viridiplantae
Infra kingdom Streptophyta
Super divisi Embryophyta
Divisi Tracheophyta
Sub divisi Spermatophytina
Kelas Magnoliopsida
Super ordo Asteranae
Ordo Lamiales
Famili Lamiaceae
Genus Pogostemon Desf
Spesies Pogostemon Cablin Blaco Benth

Morfologi Tanaman Nilam

1/Morfologi akar tanaman nilam

Sistem perakaran dari tanaman nilam adalah akar serabut yang tumbuh menjalar di tanah dan memiliki bau yang sangat wangi. Akar sekunder dari tanaman nilam yang sudah menyebar di dalam tanah adalah sekitar 20 s/d 30 cm .

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel

2/Morfologi batang tanaman nilam

Tanaman nilam mempunyai batang berkayu dengan panjang berkisar antara 20 s/d 40 cm dan berdiameter antara 10 s.d 20 mm membentuk segi empat. Percabangan tanaman bertingkat mengelilingi batang dan biasanya terdiri dari 3 s/d 5 cabang per tingkat.

3/Morfologi daun tanaman nilam

Adapun bentuk daun nilam yang sebenarnya adalah agak bulat dan lonjong menyerupai bentuk jantung manusia dengan ujung – ujung daun agak tumpul dan bagian urat daun agak menonjol. Daun nilam memiliki ukuran antara 5 s/d 10 cm dan berwarna hijau pucat yang mana pada bagian permukaan daun terdapat bulu – bulu halus dengan letak duduk dari daun nilam saling berhadapan dan sebagian besar daun yang melekat pada ranting selalu berpasangan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman nilam, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jintan Hitam

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test

Warning: require_once(/home/ritaelfianis/public_html/25f6f2eb862feef312bc0f166a3338c6c7d89844/promo.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/ritaelfianis/public_html/wp-content/themes/frontier/footer.php on line 39

Fatal error: require_once(): Failed opening required '/home/ritaelfianis/public_html/25f6f2eb862feef312bc0f166a3338c6c7d89844/promo.php' (include_path='.:/opt/cpanel/ea-php71/root/usr/share/pear') in /home/ritaelfianis/public_html/wp-content/themes/frontier/footer.php on line 39