Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jintan Hitam

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jintan Hitam

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jintan Hitam

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jintan Hitam – Klasifikasi tanaman jintan hitam adalah sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Super divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Magnoliidae
  • Ordo : Ranunculales
  • Famili : Ranunculaceae
  • Genus : Nigella
  • Spesies : Nigella Sativa

Morfologi Jintan Hitam

Morfologi Tanaman Jintan hitam adalah salah satu tanaman yang termasuk ke dalam tanaman perdu yang tumbuh dengan ketinggian mencapai ukuran rata – rata 35 s/d 50 cm serta memiliki bunga berwarna biru pucat atau putih dengan jumlah mahkota kisaran 5 s/d 10 dengan buahnya yang keras dan besar dimana dalam buah bersangkutan berisikan banyak biji.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Apel

Biji – biji bersangkutan berwarna hitam pekat dengan tekstur keras berbentuk limas ganda yang meruncing pada bagian ujung. Daun berbentuk bulat telur berujung lancip dengan permukaan daun dipenuhi oleh bulu – bulu halus.

Tanaman jintan hitam mempunyai daun tunggal dan bisa juga bersifat majemuk dengan posisi saling berhadapan dan tersebar.

Biji jinten hitam adalah salah satu rempah – rempah yang mempunyai sifat penyembuhan alami yang sangat kuat. Seperti namanya, jinten yang satu ini memilki warna hitam berbentuk tipis menyerupai bulan sabit.

Pada awalnya jinten hitam berasal dari Mesir dan negara – negara di Timur Tengah lalu menyebar ke India dan pada akhirnya ke seluruh dunia. Jinten hitam secara garis besar bermanfaat sebagai bumbu untuk beragam jenis masakan di berbagai belahan dunia yang bercita rasa agak pahit yang cocok untuk menggantikan lada.

Minyak biji jinten hitam / black coriander oil atau black oil berasal dari tanaman yang bernama latin nigella sativa yang berasal dari Asia.

Selanjutnya studi terbaru tentang minyak biji ini mengalami perkembangan yang diharapkan di masa depan cukup ampuh buat memerangi mahkluk super seperti MRSA atau pylori terhadap para pasien kanker.

Senyawa – senyawa aktifnya meliputi nigellone dan thymoquinone mengkristal diyakini ampuh sebagai salah satu bahan yang bertanggung jawab atas khasiat obat ampuh dalam bentuk minyak yang di dalamnya terkandung asam miristat, asam palmitat.

Asam stearat, asam palmitoleat, asam oleat, asam linoleat, asam arakidonat, protein dan vitamin B1, B2, B3, kalsium, folat, besi, tembaga, seng dan fosfor.

Dengan segala manfaat dari biji jintan hitam yang bersangkutan maka disarankan untuk mengkonsumsinya paling tidak 1 sdt per hari guna mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian ilmiah telah dilakukan terkait dengan minyak jinten hitam yang berhubungan dengan berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker usus besar, kanker paru – paru, sel tumor otak dan jenis yang lainnya.

Sebuah studi pada tahun 2012 yang lalu dari National University of Singapore menjelaskan bahwa : ‘efek anti tumor thymoquinone juga telah diteliti pada model tikus xenograft tumor untuk kanker usus besar, prostat, pankreas dan paru – paru. Kombinasi thymoquinone dan obat kemoterapi konvensional dapat menghasilkan efek terapeutik yang lebih besar serta mengurangi toksisitas yang kedua.’

Studi sel selanjutnya menemukan bahwa ternyata minyak jinten hitam memang ampuh guna mencegah dan mengobati penyakit secara tidak langsung dibandingkan dengan melakukan kemoterapi untuk melakukan pembinasaan terhadap pertumbuhan kanker usus besar dan ini dianggap lebih aman.

Pada tahun 2014 yang lalu para peneliti dari Arab Saudi melaporkan bahwa minyak jinten hitam mampu secara signifikan mengurangi populasi sel – sel kanker yang tumbuh membesar di dalam tubuh dan mampu mengubah morfologi seluler.

Mereka menemukan bahwa konsentrasi minyak dalam jumlah besar ampuh dimanfaatkan untuk mengobati sel – sel kanker dan tingkat kematian sel menjadi lebih tinggi yang mana akhirnya menyimpulkan bahwa data – data bersangkutan menunjukkan penjelasan bahwa minyak jinten hitam secara signifikan ampuh buat mengurangi kelangsungan hidup sel kanker pada paru – paru manusia.

Maka dari itu beberapa ahli kesehatan merekomendasikan penggunaan minyak jinten hitam untuk perlindungan alami terhadap bahaya radiasi yang digunakan bersamaan dengan perawatan secara konvensional.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman jintam hitam, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Pengertian Transkripsi DNA

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test

Warning: require_once(/home/ritaelfianis/public_html/25f6f2eb862feef312bc0f166a3338c6c7d89844/promo.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/ritaelfianis/public_html/wp-content/themes/frontier/footer.php on line 39

Fatal error: require_once(): Failed opening required '/home/ritaelfianis/public_html/25f6f2eb862feef312bc0f166a3338c6c7d89844/promo.php' (include_path='.:/opt/cpanel/ea-php71/root/usr/share/pear') in /home/ritaelfianis/public_html/wp-content/themes/frontier/footer.php on line 39