Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Akar Tuba

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Akar Tuba – Yang dimaksud dengan tanaman tuba merupakan salah satu jenis pohon yang tumbuh banyak di wilayah Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik Barat Daya yang sehari – hari digunakan untuk menangkap dan meracuni ikan di laut atau sungai – sungai besar. Dikenal beberapa jenis tuba yang tumbuh di seluruh dunia antara lain jenis tuba derris elliptica dan jenis derris malaccensis yang khusus tumbuh di wilayah Indonesia dan Malaysia.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Akar Tuba

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Akar Tuba

Pohon tuba mempunyai nama yang berbeda – beda pada masing – masing daerah seperti di Kalimantan Barat diberi nama akar jenu, kayu tuba, atau tuba kurung sedangkan di Pulau Jawa diberi nama besto, tuba jenu, tuba akar, tuba, oyod tungkul atau oyod ketungkul, sedangkan di daerah Sunda dikenal dengan nama tuwa, tuba leteng, atau tuwa lalear, di Sumatera diberi nama tuba jenong dan di Pulau Bali disebut tuba.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jintan Hitam

Mengenal Klasifikasi Tanaman Tuba

Kingdom : plantae, divisi : spermatophyta, sub divisi : angiospermae, kelas : dikotyledonae, ordo : rosales, famili : leguminoceae, genus : derris, dan spesies : derris elliptica.

Mengenal Morfologi Tanaman Akar Tuba

Morfologi Tuba pada akar tuba / derris elliptica adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga fabaceae / leguminocae yang merupakan liana tumbuh berupa semak membelit pada tanaman besar lainnya dengan ukuran panjang bisa mencapai kisaran 5 s/d 10 meter dengan ranting – ranting pohon berwarna coklat dan lentisel membentuk bintik – bintik kasar yang memiliki tangkai pendek. Akar tuba menyebar secara merata di sepanjang tangkai pada ranting yang tersedia yang mana pada sisi bagian bawah daun berwarna hijau keabu – abuan atau hijau kebiru – biruan disertai tangkai bunga yang memiliki warna cantik yaitu ungu dengan ukuran panjang sekitar 1 cm memiliki buah polong berbentuk oval memanjang dengan dilengkapi jumlah biji antara 1 s/d 2 cm yang mulai bermunculan pada bulan April s/d Desember.

Ciri lain dari tanaman tuba adalah berkayu memanjat atau dikenal dengan istilah lianan yang pada setiap ranting cabang kayu memiliki pasang daun sebanyak 7 s/d 15 pasang yang mana daun – daun muda memiliki rambut yang kaku pada kedua bagian permukaannya sedangkan bagian bawah daun muda ini diselimuti oleh bulu – bulu lembut berwarna pirang.

Batang tanaman akar tuba bersifat merambat dengan mencapai ketinggian sekitar 10 meter dan ranting cabang yang berusia tua memiliki warna kecoklatan. Pohon tuba juga memiliki bunga bermahkotakan warna merah muda sedikit berbulu yang seperti dijelaskan tersebut di atas akan berubah menjadi buah berbentuk lonjong atau oval memiliki sayap tipis di sepanjang kedua sisi, menyerupai kacang namun agak tipis dan rata berukuran rata – rata 9 cm dengan lebar antara 0,6 s/d 2,5 cm dan terdapat 1 hingga 4 biji dalam satu bagian.

Tanaman ini tumbuh berpencar – pencar yang mampu hidup pada lahan yang tidak begitu kering atau di tepi hutan dan pinggir sungai di area persawahan bahkan kadang – kadang nyempil di kebun atau pekarangan rumah di desa – desa. Di Pulau Jawa tanaman tuba mampu hidup subur di dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1500 mdpl.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman akar tuba, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nilam

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test

Warning: require_once(/home/ritaelfianis/public_html/25f6f2eb862feef312bc0f166a3338c6c7d89844/promo.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/ritaelfianis/public_html/wp-content/themes/frontier/footer.php on line 39

Fatal error: require_once(): Failed opening required '/home/ritaelfianis/public_html/25f6f2eb862feef312bc0f166a3338c6c7d89844/promo.php' (include_path='.:/opt/cpanel/ea-php71/root/usr/share/pear') in /home/ritaelfianis/public_html/wp-content/themes/frontier/footer.php on line 39