Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Yayasan

Pengertian Yayasan – Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita pernah menemui suatu sekolah yang bertuliskan yayasan pendidikan didepan gerbang sekolah tersebut atau ketika berjalan di tempat perbelanjaan kita pernah menemui yayasan sosial yang sedang menghimpun dana dari berbagai masyarakat.

Namun sebenarnya apakah pengertian dari yayasan itu sendiri?.

Di dalam UU Nomor 16 tahun 2001 yang mengatur tentang yayasan, dijelaskan bahwa Yayasan merupakan badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu baik dibidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan.

Yayasan sendiri merupakan sebuah badan hukum yang mana untuk pendiriannya harus dilakukan dengan akta notaris dan dibutuhkan pengesahan oleh Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia, sehingga dalam pendirian yayasan harus memperhatikan syarat formal yang diatur dalam UU terkait yayasan.

Dalam pendirian yayasan tentu harus memperhatikan persyaratan yang diatur dalam UU, diantaranya:

  1. Yayasan didirikan oleh satu orang atau lebih dimana harus adanya pemisahan harta kekayaan pendiriannya, yang nantinya akan menjadi kekayaan awal yayasan tersebut.
  2. Dalam pendirian yayasan harus dilakukan dengan adanya akta notaris dan dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
  3. Struktur organisasi yayasan terdiri atas Pembina yayasan, Pengurus yayasan, dan Pengawas yayasan.
  4. Yayasan akan menjadi badan hukum yang resmi setelah akta notaris pendiriannya disahkan oleh menteri atau pejabat yang sudah ditunjuk.
  5. Yayasan yang baru didirikan tidak boleh menggunakan nama yang sudah secara sah dipakai oleh yayasan lain dan tidak boleh menentang ketertiban umum dan norma kesusilaan.
  6. Yayasan harus memiliki salah satu tujuan baik dibidang sosial, keagamaan atau kemanusiaan.

Dengan beberapa persyaratan yang telah dijabarkan diatas, maka dapat disimpulkan tidak semua orang bisa mendirikan yayasan, karena yayasan memang merupakan badan hukum yang resmi dan harus memiliki tujuan untuk masyarakat.

Beberapa  bidang kegiatan yang dikelola oleh yayasan pertama dalam bidang sosial, dapat berbentuk lembaga sosial formal maupun non formal, seperti yayasan panti asuhan, panti jompo, rumah sakit, yayasan panti sosial, yayasan rehabilitasi.

Dalam bidang agama yayasan dapat mendirikan pondok pesantren, sarana ibadah, panitia zakat, madrasah dan lain sebagainya.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test