Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Waralaba Lengkap

Pengertian Waralaba Lengkap – Menurut Keputusan Menperindag Indonesia No. 259/MPR/Kep/7/1997, pengertian waralaba adalah perjanjian khusus yang berisi peralihan hak kepada pihak tertentu untuk menggunakan hak tersebut. Ini berhubungan dengan hak atas kekayaan intelektual maupun hak atas penemuan.

Pengertian ini juga bisa dihubungkan dengan peralihan hak usaha dari perusahaan demi imbalan tertentu dan kesepakatan khusus terkait transaksi penyediaan produk dan jasa.

Definisi Menurut PP RI

Sedangkan pengertian waralaba menurut PP RI No. 42 Tahun 2007, menjelaskan tentang hak terbatas (eksklusif) yang dimiliki badan usaha maupun individu terkait sistem bisnis atau perdagangan produk dan jasa.

Tujuannya adalah memasarkan produk dan jasa dengan cara memberikan kewenangan terhadap pihak lain untuk menjualkannya dengan perjanjian dan kesepakatan tertentu.

Definisi versi Pakar

1. Campbell Black

Menurut Campbell Black, franchise atau waralaba adalah legalitas merek yang dimiliki oleh perusahaan, yang diperbolehkan digunakan oleh pihak lain terkait pembuatan produk dan jasa.

2. David J.Kaufmann

Sedangkan menurut David J.Kaufmann, pengertian waralaba adalah sebuah sistem pemasaran produk/jasa, yang diterapkan oleh perusahaan kecil maupun pedagang dengan impikasi membayar fee pada produsen induk sehingga diperbolehkan produk/jasa untuk dipasarkan.

3. Reitzel

Reitzel menyebutkan, waralaba adalah jenis perjanjian atas barang yang diserahkan oleh si pemilik kepada orang lain untuk dipasarkan dengan kesepakatan tertentu.

Definisi Secara Umum

Menurut pandangan umum, waralaba adalah sebuah sistem bisnis. Yang mana, pihak perusahaan memberi hak kepada pembeli untuk ikut menjualkan produk/jasa yang dibuatnya. Sebuah strategi pemasaran yang dijalankan di atas kesepakatan dan regulasi yang disepakati bersama.

Sistem ini dijalankan semata untuk meningkatkan promosi, pemasaran serta mempercepat suplai produk/jasa ke konsumen. Karena cukup berhasil, banyak perusahaan yang menggunakan sistem waralaba untuk produknya.

Kesimpulan

Dari segala pengertian di atas, bisa disimpulkan kalau pengertian waralaba adalah sistem bisnis yang berupa pemberian hak pemakaian merek produk/jasa perusahaan maupun produk dan jasa itu sendiri kepada pedagang kecil demi mempercepat pemasaran dan mengembangkan usaha.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test