Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Unsur, Indikator dan Tujuan dari Remunerasi Karyawan

Pengertian, Unsur, Indikator dan Tujuan dari Remunerasi Karyawan – Secara umum, remunerasi karyawan merupakan pemberian gaji (payment) kepada seorang pegawai sebagai imbalan atau penghargaan atas pekerjaan atau kontribusi yang diberikan secara rutin kepada instansi atau organisasi tempatnya bekerja.

Dengan pengertian lain, remunerasi merupakan sesuatu penghargaan yang diterima oleh seorang pegawai dari tempat dia bekerja sebagai bentuk balas jasa atas prestasi dan kontribusinya kepada instansi atau organisasi tempat ia bekerja.

Pengertian remunerasi karyawan sangat berhubungan dengan dunia kerja.

secara birokrasi remunerasi berhubungan dengan sistem penggajian tenaga kerja atau pegawai.

Baca Juga : Pengertian dan Proses Tahapan Manajemen Produksi

Istilah ini juga dapat diartikan sebagai gaji atau upah yang diberikan kepada tenaga kerja sebagai penghargaan atau reward.

Gaji merupakan suatu imbalan yang diberikan kepada tenaga kerja atau pegawai berdasarkan kurun waktu tertentu, misalnya harian, mingguan ataupun bulanan.

Sedangkan, upah ialah imbalan yang diterima oleh tenaga kerja atau pegawai berdasarkan dari hitungan waktu yang tetap, yang biasa dikenal sebagai tarif per jam, tarif per dokumen dan lain-lain yang memang dapat dihitung.

Oleh karena itu, umumnya proses tersebut berdasarkan kinerja dari tenaga kerja atau prestasi pegawai tersebut dalam membantu perusahaan mencapai tujuan.

Unsur-unsur Remunerasi

Terdapat dua unsur utama remunerasi yakni kompensasi dan bonus atau yang biasa dikenal dengan komisi.

Kompensasi memiliki hubungan dengan keseluruhan yang diterima oleh tenaga kerja baik dalam berupa fisik maupun non fisik.

Dalam beberapa aspek, kompensasi umumnya tidak dikenai pajak pendapatan.

Sedangkan komisi atau bonus adalah suatu bentuk imbalan yang diberikan kepada pegawai dengan melakukan perhitungan prosentase dari hasil penjualan.

Bonus juga diberikan berdasarkan prestasi pegawai dalam mencapai target.

Selain itu juga terdapat tiga hal yang harus dipertimbangkan oleh suatu organisasi ataupun instansi tertentu dalam memberikan besaran gaji kepada para pegawainya, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Gaji karyawan yang diberikan sesuai dengan kinerjanya
  2. Bonus diberikan bagi karyawan berprestasi
  3. Memberikan kenaikan gaji

Indikator Remunerasi

Ada beberapa hal yang dapat menjadi indikator dari remunerasi karyawan yang dapat menjadi pengaruh terhadap ketenagakerjaan. Sehingga perusahaan wajib memperhatikan indicator-indikator berikut ini :

  • Remunerasi yang diberikan oleh perusahaan atau instansi kepada tenaga kerja harus sesuai dengan kontribusi pegawai terhadap perkembangan bisnis atau perusahaan.
  • Remunerasi didasarkan dari tinggi atau rendahnya pemberian remunerasi oleh suatu perusahaan
  • Remunerasi hanya perlu diberikan kepada tenaga kerja yang memiliki kontribusi lebih dan keahlian yang berkaitan dengan perkembangan bisnis.

Tujuan Remunerasi Karyawan

Adapun beberapa tujuan dari remunerasi karyawan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Remunerasi dapat meningkatkan terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dengan adanya pemberian remunerasi secara tidak langsung akan memotivasi tenaga kerja untuk meningkatkan kualitas kerjanya.

  1. Memelihara Sumber Daya Manusia yang Produktif

Remunerasi juga bertujuan sebagai upaya untuk memelihara tenaga kerja yang memiliki kulitas kerja yang baik agar tidak berpindah atau direkrut oleh perusahaan lain.

Hal ini berkaitan dengan kompetisi kepemilikan tenaga kerja terbaik dan untuk mencegah adanya KKN dalam suatu perusahaan.

  1. Menciptakan Persaingan Positif

Dengan adanya sistem remunerasi juga akan menciptakan persaingan yang positif antar tenaga kerja dalam suatu perusahaan.

Dengan di berlakukannya remunerasi maka akan terlihat tenaga kerja yang rajin dan kurang rajin.

Remunerasi juga berperan penting untuk memotivasi pegawai agar terus mengembangkan dirinya dalam perusahaan.

  1. Meningkatkan Kesejahteraan SDM
  2. Menghasilkan Penghasilan yang Cukup Tinggi
  3. Menciptakan Tata Kelola Perusahaan yang Baik

Dengan adanya remunerasi secara tidak langsung akan menghasilkan keuntungan atau pendapatan yang besar bagi perusahaan atau bisnis melalui pemanfaatan modal yang seefektif mungkin.

Karena dalam bidang bisnis ini apabila tidak mampu mempertahankan anggota atau pegawainya justru akan membuat pengeluaran yang lebih besar saat melakukan perekrutan.

Baca Juga : Usaha Sampingan yang Cocok untuk Karyawan Dengan Gaji Kecil

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test