Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Unsur, Dasar, dan Faktor-Faktor Pembentuk Kepribadian

Pengertian, Unsur, Dasar, dan Faktor-Faktor Pembentuk Kepribadian – Kepribadian merupakan suatu perilaku atau pun kebiasan yanng biasanya ditunjukkan seseorang dalam kehidupan bersosialisasi. Kepribadian merupakan suatu ciri khas seseorang yang biasanya berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Berikut pengertian kepribadian menurut beberapa ahli:

  1. Menurut Gordon W. Allport, kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dari sistem psiko-fisik seseorang yang menentukan tingkah laku dan pemikirannya.
  2. Menurut Agus Sujanto, kepribadian adalah suatu totalitas psikofisis yang kompleks dari seseorang sehingga hal tersebut terlihat dari tingkah lakunya yang unik.

Unsur

Unsur yang mendasari kepribadian adalah sebagai berikut:

1). Pengetahuan

Unsur pengetahuan didapatkan oleh seseorang melalui pengalaman seiring mereka tumbuh dan berkembang.

Pengetahuan akan memberikan suatu pemahaman tentang kehidupan sosial dan akan mempengaruhi cara berpikir seseorang karena melalui pengetahuan seseorang akan mengetahui tentang suatu yang dianggap oleh masyarakat sebagai sesuatu yang baik dan yang buruk.

Dari pengetahuan tersebut dapat menunjukan bagaimana seseorang akan bertingkah laku sesuai dengan pemahaman mereka tadi.

2). Perasaan

Selain unsur pengetahuan, unsur perasaan menjadi salah satu unsur yang mempengaruhi seseorang dalam mengambil suatu keputusan.

Perasaan sendiri sangat berhubungan dengan emosi seseorang yang akan menentukan tindakan seseorang. Karena itulah kepribadian seseorang dapat juga dipengaruhi oleh tingkat atau perubahan dari perasaan orang tersebut.

3). Dorongan naluri

Dorongan naluri disebut juga sebagai dorongan hati. Ketika seseorang mempunyai suatu pemahaman yang sejalan dengan perasaannya, hal tersebut akan menimbulkan suatu gejolak, seperti seseorang menyuruh mereka melakukan sesuatu yang disebut dengan dorongan naluri. Terdapat 7 macam dorongan naluri yaitu:

  1. Dorongan bergaul
  2. Dorongan meniru perilaku sesama
  3. Dorongan seksual
  4. Dorongan untuk makan
  5. Dorongan untuk berbakti
  6. Dorongan untuk mempertahankan hidup
  7. Dorongan atas rasa keindahan

Dasar

Menururt F. G Robbins terdapat lima hal yang menjadi dasar kepribadian seseorang, yaitu:

  1. Sifat dasar. Sifat dasar merupakan suatu ciri khas yang bersifat genetik atau diturunkan atau diwariskan dari kedua orang tuanya.
  2. Lingkungan tempat dimana seseorang berinteraksi, seperti dengan keluarga, teman, dan lainnya, akan sangat mempengaruhi kepribadian seseorang, karena tak jarang mereka akan meniru setiap perbuatan yang dilihatnya dari lingkungannya.
  3. Perbedaan individual. Meski beberapa sifat diwariskan, namun tak memungkiri bila seorang individu akan memiliki suatu ciri khas yang menjadikannya unik dan berbeda dari individu lainnya.
  4. Lingkungan prenatal. Pada beberapa penelitan menunjukkan kondisi ibu ketika sedang mengandung dapat mempengaruhi kepribadian seseorang.
  5. Motivasi dapat mengubah kepribadian seseorang karena mereka terdorong untuk melakukan sesuatu yang mereka anggap sangat bernilai.

Faktor-faktor

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian seseorang adalah sebagai berikut:

  1. Faktor biologis. Faktor biologi merupakan faktor keturunan yang berasal dari kedua orang tua.
  2. Faktor lingkungan. Lingkungan dimana mereka tinggal dan dibesarkan akan mempengaruhi kepribadian seseorang. Hal ini dapat terjadi karena seseorang sering melihat bagaimana orang disekitarnya berperilaku dan bersosialisasi, yang membuat mereka meniru tingkah laku mereka. Begitu juga dengan semua ajaran atau pengetahuan tentang moral yang mereka terima dari lingkungan akan mempengaruhi kepribadian mereka.
  3. Faktor sosial. Faktor sosial merupakan faktor yang berhubungan dengan masyarakat. Bagaimana seseorang akan berperilaku sesuai dengan norma dan aturan pada suatu masyarakat. Juga bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan kebudayan dari suatu masyarakat agar dapat diterima dan bersosialisasi dengan mereka.
  4. Faktor kelompok manusia. Kepribadian sesorang dalam suatu kelompok akan berbeda dengan kepribadian seseorang dari kelomok yang lainnya. Hal ini dikarenakan oleh adanya sifat atau ciri khas yang hanya terdapat pada sekumpulan orang dalam kelompok tersebut.
  5. Faktor pengalaman. Suatu pengalaman yang unik dan berkesan dapat mengubah kepribadian seseorang. Pengalaman yang berhubungan dengan suatu pengalaman hidup akan dengan mudah mengubah kepribadian seseorang.

Baca Juga : Pengertian, Proses, Contoh dan Dampak Akulturasi


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test