Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Unsur dan Faktor-faktor Pembentuk Bangsa

Pengertian, Unsur dan Faktor-faktor Pembentuk Bangsa – Bangsa merupakan istilah yang merujuk pada sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter serta visi dan misi yang sama.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pembentuk bangsa, mulai dari pengertian, unsur serta faktor-faktor yang mendukung terbentuknya suatu bangsa. Berikut penjelasannya

Pengertian Bangsa

Definisi Bangsa menurut para ahli :

  • Ernest Renan

Bangsa adalah sekumpulan manusia yang memiliki ikatan batin dan kesatuan jiwa  serta dipersatukan oleh sejarah dan cita-cita yang sama.

Baca Juga : Pengertian, Syarat, dan Macam Yurisprudensi

  • Otto Bauer

Bangsa adalah sekelompok manusia dengan karakter yang sama karena adanya persamaan nasib serta pengalaman sejarah yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan pertumbuhan dan perkembangan bangsanya.

  • Ben Anderson

Bangsa adalah komunitas politik yang dapat dibayangkan pada suatu wilayah yang memiliki batas jelas dan berdaulat.

  • Hans Kohn

Terbentuknya bangsa karena adanya persamaan ras, bahasa, adat istiadat serta agama yang menjadikannya pembeda antar bangsa satu dengan bangsa lainnya.

  • Lothrop Stoddard

Bangsa adalah bentuk kepercayaan dari suatu kelompok orang yang meyakini bahwa mereka adalah satu bangsa

  • Soekarno

Bangsa adalah segerombolan manusia yang besar dan keras, dengan memiliki persamaan watak atau karakter, dan mempunyai keinginan untuk hidup dan bersatu pada suatu wilayah dalam satu unit yang nyata.

Dari beberapa pengertian bangsa menurut para ahli, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa bangsa adalah sekelompok manusia yang mempunyai banyak kesamaan baik dalam ciri fisik, sosiologis, ideologis, budaya maupun keturunan. Bangsa hidup dalam suatu wilayah yang sama serta mengakui bahwa dirinya termasuk bagian dari kelompok tersebut.

Unsur Pembentuk Bangsa

Adapun beberapa unsur-unsur yang dapat membentuk suatu bangsa adalah sebagai berikut :

  • Terdapat kelompok manusia dengan keinginan untuk bersatu
  • Berada pada suatu wilayah tertentu yang disepakati
  • Terdapat keinginan dalam membentuk sistem pemerintahan dan adanya kesediaan dalam mengikuti sistem pemerintahan tersebut.
  • Memiliki beberapa kesamaan, seperti karakter, budaya, bahasa, ciri fisik, identitas atau kesamaan lainnya sehingga menjadi pembeda antara bangsa satu dengan bangsa lainnya.
  • Memiliki pemikiran yang sama, merasa senasib, setujuan, sepenanggungan, dan memiiliki tujuan yang sama untuk dicapai.

Faktor-faktor Pembentuk Bangsa

Menurut dasar identitasnya,terdapat beberapa faktor yang memiliki peranan penting dalam pembentukan suatu bangsa. Faktor-faktor ini juga sangat berkaitan dengan pemersatu masyarakat dalam satu wilayah yang sama.

Faktor primordial adalah faktor yang berhubungan pada pandangan hidup masyarakat sesuai dengan adat-istiadat, ikatan tradisi maupun budaya yang mereka anut. Seringkali juga berhubungan dengan ras maupun suku.

  1. Sakral

Faktor sacral merupakan faktor yang memiliki hubungan dengan keadaan spiritual maupun kepercayaan yang dianut oleh seseorang. Sakral biasanya dikaitkan dengan agama, seperti bagaimana perkembangan suatu agama dalam masyarakat yang dapat membentuk pandangan untuk dasar ideologi dari masyarakat tersebut. Hal inilah yang membuat faktor sacral sebagai faktor yang mendukung adanya pembentukan suatu bangsa.

 

  1. Tokoh

Istilah tokoh dalam faktor pembentuk bangsa ini merujuk pada orang yang mempunyai kekuasaan tinggi dalam suatu lingkungan masyarakat. Tokoh merupakan orang-orang yang dihormati karena tingkah laku, peran dan jasanya dalam lingkungan masyarakat tersebut. Pendapat dari tokoh akan mempu menggerakkan masyarakat dan menjadikan tokoh tersebut sebagai panutan yang dapat mewujudkan suatu bangsa.

  1. Sejarah

Sejarah adalah peristiwa masa lampau yang terjadi dalam suatu lingkungan masyarakat. Adanya sejarah, baik sejarah pahit maupun sejarah manis akan dapat menciptakan rasa solidaritas dan kesatuan yang ada pada lingkungan masyarakat tersebut. Hal inilah yang membuat faktor sejarah dapat mendukung adanya pembentukan suatu bangsa

  1. Perkembangan Ekonomi

Dalam suatu lingkungan kebutuhan masyarakat tentunya semakin beragam. Keberagaman inilah yang membuat adanya ketergantungan antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya. Maka dari itu, untuk memenuhi kehidupan, masyarakat akan memiliki hubungan yang semakin erat sehingga terciptalah dorongan untuk membentuk suatu bangsa.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian, Unsur dan Faktor-faktor Pembentuk Bangsa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Konsep, Sejarah, Ciri, Kelebihan Dan Kekurangan Radikalisme

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test