Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contoh Kloning  

Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contoh Kloning – Ritaelfianis.com – Secara etimologi, memiliki makna yaitu suatu usaha untuk menciptakan duplikat suatu organisme melalui proses aseksual.

Dengan pengertian lainnya adalah, membuat penggandaan dari suatu makhluk hidup dengan cara aseksual.

Arti kata asalnya yang berasal dari Bahasa Inggris tersebut merupakan suatu istilah baru dalam kosa kata bahasa Inggris pada era di tahun 1970-an.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Karakteristik Crustacea

Pengertian Kloning Menurut Para Ahli

Selain definisi tersebut, ada beberapa pengertian kloning berdasarkan pendapat para ahli seperti:

  1. Pengertian Kloning Menurut Pratiwi Sudarsono

Kloning adalah proses terjadinya perbanyakan sel atau organism secara aseksual. Hasil kloning adalah suatu “klon”, yaitu suatu populasi yang berasal dari satu sel atau organisme yang mempunyai sekumpulan rangkaian kromosom yang sama dan identik dengan induk asalnya baik dari segi fisik dan sifatnya.

  1. Pengertian Kloning Menurut Dr. Abdul Aziz Muhammad bin Utsman Al- Rabiisy

Istilah “kloning” merupakan sebuah penemuan baru, yang belum ditemukan defenisi maupun kesimpulan maknanya dalam berbagai kamus bahasa.

Namun demikian, ada beberapa pengertian kloning yang hampir mendekati apabila diartikan secara ilmiah.

Kloning sudah mendapat berbagai interpretasi ataupun pengertian didalam sesuatu kesimpulan yang lain.

Kata al-naskh  bila dibaca  kloning dalam bahasa Arab, yang sering dipakai sebagai istilah dalam ilmu Tafsir berkembang menjadi satu kamus penamaan dalam dunia kedokteran khususnya pada istilah cloning itu sendiri.

Jenis-Jenis Kloning

Berdasarkan dari berbagai kesimpulan pengertian dan penjelasan seperti diatas, terdapat berbagai macam jenis kloning yang dikenal, sebagai berikut dibawah ini:

  • Kloning DNA Rekominan. Yang merupakan suatu pemindahan sebagian rantai DNA yang diinginkan dari suatu organisme di satu elemen suatu replikasi genetik,

Contohnya: Penyisipan DNA dalam plasmid bakteri untuk melakukan proses klon suatu gen.

  • Kloning Reproduktif. Yang merupakan suatu teknologi yang digunakan didalam menghasilkan bentuk dari suatu hewan yang sama.
  • Kloning Terapeutik. Yang merupakan proses untuk memproduksi suatu embrio manusia sebagai bahan uji coba dan penelitian yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan sel batang yang diperlukan didalam mempelajari proses perkembangan manusia dan dalam proses penyembuhan penyakit.

Manfaat Kloning

Melalui Teknologi Kloning diharapkan mampu memberikan suatu manfaat kepada setiap manusia yang hidup, khususnya pada bidang dan dunia medis.

Beberapa di antara keuntungan yang cukup menjadi fenomenal dan bersifat terapeutik dari teknologi kloning adalah hal-hal berikut dibawah ini:

  • Kloning pada manusia akan memberikan manfaat dan harapan bagi pasangan yang tidak subur untuk mendapatkan anak.
  • Organ penting manusia dapat dikloning secara selektif untuk dapat dimanfaakan sebagai organ pengganti bagi pemilik sel organ itu sendiri yang mampu meminimalisir terjadinya resiko penolakan apabila harus dilakukan transplantasi organ tubuh.
  • Sel-sel tubuh yang dikloning dan diregenerasi tersebut akan berguna dan berfungsi untuk dapat menggantikan jaringan tubuh yang rusak. Sebagai contoh kerusakan yang terjadi pada urat syaraf dan jaringan otot.
  • Teknologi kloning memungkinkan para ilmuwan medis ataupun para pakar dari dunia kedokteran untuk dapat menghidupkan dan juga mematikan sel-sel. Manfaatnya adalah mampu untuk mengatasi adanya kanker dan menghambat proses penyebarannya.
  • Teknologi kloning dapat memberikan manfaat pengujian dan harapan penyembuhan bagi penyakit-penyakit yang bersifat keturunan. Manfaat lainnya dapat menemukan berbagai macam obat-obatan seperti obat kanker, obat untuk menghentikan serangan jantung, dan dapat menemukan suatu metode untuk membuat jaringan tulang, jaringan lemak, jaringan penyambung, atau tulang rawan yang cocok dengan tubuh penderita. Hal ini akan sangat diperlukan untuk tujuan pembedahan, penyembuhan dan bedah kecantikan.

Baca Juga : Pengertian dan Penjelasan tentang ikhtiologi (Ilmu Hewan)

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test