Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Ilmu Klimatologi

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Ilmu Klimatologi – Ritaelfianis.com – Istilah Klimatologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata klima yang berarti tempat, zona, wilayah, atau juga dapat diartikan sebagai kemiringan (slope) planet bumi yang saling berhubungan dengan lintang tempat di bumi.

Kemudia kata kedua, yaitu logos yang berarti ilmu atau mempelajari.

Sehingga secara umum, istilah klimatologi juga dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mengulas mengenai sifat iklim di suatu tempat tertentu di seluruh dunia dan membahas terkait hubungannya dengan aktivitas manusia.

Baca Juga : Pengertian, Dampak dan Penyebab Terjadinya Globalisasi

Klimatologi merupakan cabang ilmu dari ilmu atmosfer. Selain definisi diatas, Klimatologi juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mencari gambaran dan penjelasan adanya perbedaan iklim dan cuaca di berbagai tempat di penjuru bumi, serta hubungan antara iklim dengan kehidupan manusia sehari-hari.

Pembagian Ilmu Klimatologi

Klimatologi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa cabang klimatologi berdasarkan metode pendekatan tertentu.

Metode pendekatan tersebut terdiri dari pendekatan keilmuan, dan ruang lingkup di atmosfer.

Adapun pembagian ilmu klimatologi berdasarkan pendekatan tertentu antara lain sebagai berikut :

1). Klasifikasi Klimatologi Berdasarkan Pendekatan Keilmuan

Klasifikasi Klimatologi Berdasarkan Pendekatan Keilmuan terdiri dari :

  1. Klimatografi yaitu ilmu yang menjelaskan mengenai iklim secara umum dan sederhana tanpa menggunakan analisis fisika dan matematika yang mendalam.
  2. Klimatologi Fisik yaitu penjelasan mengenai iklim dengan menggunakan dasar ilmu fisika dan matematika yang mendalam.
  3. Klimatologi Dinamik yaitu ilmu yang menjelaskan mengenai iklim yang terjadi berdasarkan peredaran atmosfer secara umum dalam berbagai skala tertentu.
  4. Klimatologi Terapan yaitu penjelasan mengenai penerapan ilmu iklim pada kehidupan sehari-hari. Klimatologi terapan umumnya digunakan untuk memecaha masalah masyarakat umum seperti masalah dalam pertanian, perkotaan, bioklimatologi, bangunan, dan kelautan.

2. Klasifikasi Klimatologi Berdasarkan Ruang Lingkup Atmosfer

Klasifikasi Klimatologi Berdasarkan Ruang Lingkup Atmosfer terdiri dari :

  1. Mikroklimatologi yaitu cabang klimatologi yang menjelaskan mengenai atmosfer sebagai ruang antara akar hingga ujung tanaman sedetail mungkin.
  2. Mesoklimatologi yaitu cabang klimatologi yang membahas mengenai atmosfer pada  wilayah yang relatif sempit namun memiliki pola iklim  yang berbeda dari pola iklim wilayah sekitarnya.
  3. Makroklimatologi yaitu cabang dari klimatologi yang menjelaskan mengenai iklim pada daerah dengan cakupan wilayah yang luas serta mempunyai skala besar.

Tujuan Mempelajari Ilmu Klimatologi

Klimatologi memiliki tujuan yakni untuk membuat penggolongan iklim, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya.

Ilmu klimatologi juga bertujuan dalam menjelaskan atau menggambarkan serta menerangkan iklim, meliputi distribusinya terhadap ruang, dan variasinya terhadap waktu, serta hubungannya dengan unsur-unsur lain yang berasal dari  lingkungan alam dan aktivitas manusia lainnya.

Manfaat Mempelajari Ilmu Klimatologi

Terdapat beberapa manfaat dalam mempelajari Ilmu Klimatologi antara lain :

  • Pengetahuan mengenai iklim sangat diperlukan karena Iklim mampu mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia dan organisme lain yang hidup di muka bumi.
  • Dalam kehidupan sehari-hari, iklim akan menjadi pertimbangan dalam rancang bangun bangunan hunian atau konstruksi bangunan fisik lainya, bahan dan desain pakainan, jenis dan porsi pangan yang dikonsumsi, dan ragam aktivitas sosial yang dilakukan penduduk.
  • Iklim juga penting dalam kegiatan pertanian maupun perkebunan. hal ini dikarenakan iklim dapat mempengaruhi jenis tanaman yang sesuai untuk dibudidayakan pada suatu kawasan tertentu, waktu yang tepat untuk budidaya pertanian dan teknik budidaya pertanian dan teknik budidaya yang dilakukan petani.
  • Informasi iklim tentang kecepatan dan arah angin, keadaan awam, kabut dan curah hujan, akan penting sekali artinya dalam kegiatan penerbangan, pelayaran demi keselamatan dan kelancaran transportasi.
  • klimatologi juga memiliki manfaat sebagai upaya penyusunan rekayasa di bidang teknologi, sosial dan ekonomi dengan cara menerapkan teknologi pemanfaatan sumber daya cuaca atau iklim, seperti pembangkit listrik tenaga surya atau tenaga angin, hujan buatan, sistem pertanian hidroponik, rumah kaca, dan sebagainya yang digunakan untuk kelangsungan hidup manusia.

Baca Juga : Pengertian, Manfaat, dan Sejarah Pembentukan Amdal


Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test