Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Teori dan Contoh Hukum Newton 1,2 dan 3

Pengertian, Teori dan Contoh Hukum Newton 1,2 dan 3 – Hukum Newton merupakan hukum fisika yang menjadi dasar dalam mekanika.

Hukum Newton terbagi menjadi 3 yaitu Hukum Newton I, Hukum Newton II, dan Hukum Newton III.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Hukum Newton I, II, III mulai dari pengertian hingga contoh penerapan di kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasannya.

Pengertian Hukum Newton

Hukum gerak Newton merupakan hukum fisika yang mendasari mekanika klasik. Hukum ini menjelaskan hubungan antara gaya pada suatu benda dan gerak yang ditimbulkan.

Baca Juga : Pengertian, Manfaat dan Contoh Hukum Pascal

Pada peneran ketiga hukum newton, suatu benda dinyatakan sebagai suatu partikel.

Misalnya pada evaluasi pergerakan, panjang benda tidak dihiraukan karena objek dianggap bernilai kecil, tergantung dengan jarak yang ditempuh..

Teori Hukum Newton

a.       Hukum pertama Newton

Hukum ini berbunyi : Setiap benda akan bertahan pada keadaan diam atau bergerak secara lurus beraturan kecuali jika ada gaya yang mengubahnya

Hukum ini menjelaskan bahwa jika jumlah vektor dari seluruh gaya yang bekerja pada suatu benda atau disebut juga resultan gaya bernilai nol, maka benda memiliki kecepatan konstan atau tetap.

Suatu benda dalam kondisi diam akan tetap diam, kecuali ada resultan gaya yang tidak bernilai nol bekerja pada benda tersebut. Suatu benda yang bergerak, akan memiliki kecepatan tetap kecuali ada resultan gaya yang tidak bernilai nol bekerja pada benda tersebut.

b.      Hukum kedua Newton

Hukum ini menyatakan tentang resultan gaya pada suatu partikel akan sama banyak dengan perubahan momentum linear terhadap waktu.

Sama seperti pada hukum newton pertama, turunan momentum pada waktu tidak akan memiliki nilai nol saat ada perubahan arah. Hubungan ini secara tidak langsung akan menyatakan kekekalan momentum, dimana jika resultan gaya yang bekerja bernilai nol, maka momentum benda akan bergerak secara konstan. Perubahan gaya berbanding lurus dengan perubahan momentum pada satuan waktu

c.       Hukum Ketiga Newton

Hukum ketiga newton berbunyi : Setiap aksi memiliki sebuah reaksi yang sama besar dan saling berlawanan arah. Gaya pada kedua benda bernilai sama namun memiliki arah yang berlawanan.

Hukum ketiga newton menjelaskan mengenai bahwa gaya adalah sebuah interaksi pada setiap benda yang berbeda, dengan ini tidak ada gaya yang hanya bekerja pada satu benda. Sederhananya, sebuah gaya akan bekerja pada sepasang benda. Setiap gaya memiliki dua ujung dengan setiap ujungnya bernilai sama kecuali arahnya. Dengan kata lain ujung gaya merupakan cerminan atau bayangan dari ujung gaya yang lain

Contoh Hukum Newton 1, 2, 3

a.       Contoh Hukum Newton 1

Hukum pertama newton memiliki keterkaitan dengan sifat kelembapan dari benda, artinya suatu benda akan cenderung mempertahankan posisinya. Contoh dari hukum newton pertama adalah :

  • Saat kita mengerem sepeda motor, maka secara otomatis tubuh akan ikt terdorong ke depan
  • Saat gas mobil diinjak atau saat gas motor diputar, maka secara otomatis tubuh akan terdorong ke belakang.

b.      Contoh Hukum Newton 2

Hukum kedua newton memiliki keterkaitan dengan benda dalam kondisi bergerak. Massa pada benda dan gaya yang diberikan pada benda ikut dihitung. Contoh dari hukum kedua newton sebagai berikut :

  • Pedagang bakso yang mendorong gerobaknya dengan kekuatan tertuntu, sehingga gerobak dapat berjalan pada percepatan tertentu
  • Suatu mobil dengan masaa 1 ton bergerak dengan percepatan 1 m/s2

c.       Contoh Hukum Newton 3

Hukum ketiga newton memiliki keterkaitan dengan gaya aksi dan gaya reaksi. Artinya saat kita memberikan gaya pada suatu benda, benda tersebut akan menimbulkan suatu reaksi. Berikut contoh dari hukum ketiga newton :

  • Saat kita mendayung perahu ke arah belakang, maka perahu akan bergerak ke depan akibat gaya yang diberikan pada air menggunakan dayung
  • Pada roket air, ketika tutup roket dibuka maka air akan menyembur kebawah dan mendorong roket ke atas.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian, Teori dan Contoh Hukum Newton 1,2 dan 3. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Sifat Medan Magnet

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test