Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Takjil

Pengertian Takjil – Bulan Ramadhan seringkali meninggalkan dan memberikan suasana yang indah. Terlebih ketika waktu berbuka puasa di sore hari.

Kenikmatan biasanya datang dari kebersamaan ketika berbuka bersama keluarga atau kerabat dekatnya. Kenikmatan makanan dan kudapan yang tersaji terasa sangat berbeda jika dimakan ketika berbuka.  Namun ada salah kaprah pada beberapa istilah yang digunakan dalam bulan Ramadhan ini.

Apa itu takjil

Banyak kata-kata bahasa Arab yang diserap ke dalam bahasa Indonesia, namun masih banyak kekeliruan dalam pemakaiannya. Misalnya kata takjil yang diartikan sebagai makanan.

Baca Juga :

Biasanya seseorang identik menyebut kata takjil untuk mengatakan makanan atau minuman yang digunakan dalam berbuka puasa. Pengertian ini sejatinya salah kaprah. Hal ini disebabkan karena makna kata takjil sebenarnya bukan berupa makanan atau minuman yang dinikmati dan disantap saat berbuka puasa.

Takjil merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang artinya penyegaran. Kata sebenarnya ditulis dengan ta’jil dengan huruf ‘ain. Kata aslinya adalah bahasa Arab ‘ajala-ta’jilan. Makna kata tersebut artinya bersegera, cepat-cepat, buru-buru, yakni bersegera berbuka puasa.

Penyegaran yang dimaksudkan dalam pengertian ini sejatinya merupakan suatu hal yang dapat digunakan untuk membatalkan puasa. Ini disebabkan oleh anjuran ketika waktu berbuka tiba, seorang yang sedang berpuasa harus langsung melakukan aktivitas membatalkan puasa.

Membatalkan puasa bisa dengan mengonsumsi makanan atau minuman ringan. Ini yang sebenarnya disebut dengan takjil. Makanan dan minuman yang digunakan disarankan manis dan tidak terlalu berat. Alasannya adalah untuk mengembalikan stamina atau kondisi tubuh yang kekurangan mineral setelah berpuasa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian takjil memiliki makna yang lain. Takjil di sini dimaknai dengan mempercepat atau penyegeraan.

Makna ini sejatinya merupakan makna yang serupa dengan kata aslinya. Persamaan makna yang sama pada penyegaran, namun pada makna mempercepat, takjil jarang digunakan dalam kalimat atau bahkan tuturan lisan. Takjil masuk dalam kategori kata kerja atau verba.

Baca Juga :

Di sini jelas bahwa dalam bahasa Indonesia takjil bukan dimaknai sebagai subjek atau objek suatu kalimat namun lebih mengarah pada kata kerja atau predikat yang digunakan.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test