Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Syarat, Fungsi, Tujuan, dan Unsur-unsur Peta

Pengertian, Syarat, Fungsi, Tujuan, dan Unsu -unsur Peta – Peta adalah gambaran dari penampakan yang ada di bumi baik di daratan maupun di atas lautan, baik yang berasal dari alam maupun buatan manusia, yang digambar pada suatu bidang datar menggunakan skala tertentu.

Menurut ICA atau International Cartographic Association, peta adalah suatu gambaran atau representasi unsur – unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi, yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda – benda angkasa.

Baca Juga : Pengertian Dan Klasifikasi Tektonisme

Peta yang baik harus dapat memenuhi persyaratan. Syarat agar suatu peta dapat dikatakan baik dan dapat digunakan sebagai acuan adalah sebagai berikut:

  1. Conform adalah suatu bentuk dari sebuah peta haruslah digambar serta sebangun dengan keadaan asli atau sebenarnya di wilayah asal atau di lapangan.
  2. Equidistance adalah jarak pada peta yang jika dikalikan dengan skala yang terdapat pada peta akan sesuai dengan jarak sesungguhnya di lapangan.
  3. Equivalent adalah keadaan dari suatu daerah atau bidang pada peta yang jika dikalikan dengan skala pada peta akan menunjukan keadaan di lapangan.

Peta memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Sebagai penunjuk suatu lokasi atau tempat di permukaan bumi
  2. Untuk mengetahui arah, jarak, dan luas suatu daerah
  3. Untuk mengetahui keadaan penampakan yang ada di permukaan bumi
  4. Memberikan informasi mengenai potensi suatu daerah
  5. Memberikan gambaran mengenai bentuk penempakan yang ada di bumi seperti gunung, sungai, hutan, bahkan negara dan benua
  6. Mengumpulkan dan menyajikan informasi dari suatu daerah
  7. Memberikan informasi untuk disiplin ilmu lainnya

Adapun tujuan dari peta adalah:

  1. Sebagai referensi untuk mencari ilmu dari tahun ke tahun
  2. Sebagai alat komunikasi atau berbagi informasi
  3. Untuk analisis data spasial
  4. Mempermudah pekerjaan lainnya, seperti membangun jalan

Suatu peta harus memiliki unsur – unsur seperti dibawah ini:

  1. Judul peta. Judul peta biasanya terdapat pada bagian tengah atas peta. Berisi tentang informasi suatu daerah atau tempat yang akan dilihat. Judul peta sangat penting agar tidak salah menafsirkan suatu peta.
  2. Skala peta. Skala adalah suatu perbandingan jarak antara daerah pada peta dengan daerah sebenarnya yang dinyatakan melalui angka atau garis atau bahkan gabungan keduanya dengan menggunakan satuan ukuran yang sama.
  3. Legenda biasa diletakan pada bagian sisi kiri bawah peta. Legenda merupakan kumpulan simbol – simbol yang digunakan utnuk mempermudah pengamat membaca peta. Legenda biasanya mewakili suatu penampakan dan biasa digambarkan menggunakan bentuk – bentuk yang serupa dengan aslinya ataupun menggunakan garis.
  4. Tanda arah. Tanda arah atau tanda orientasi berfungsi untuk menunjukan arah pada peta. Biasa digambarkan dengan anak panah yang menunjuk utara pada bagian atasnya, namun bentuk ataupun gambar dari tanda orientasi ini dapat berbeda – beda. Dengan adanya tanda arah, pembaca dapat mengetahui posisi utara, timur, selatan, dan barat. Tanda arah sangat penting dan harus dicantumkan pada peta untuk menghindari kekeliruan dalam membaca peta.
  5. Simbol dan warna. Simbol dan warna pada peta harus lah mudah dimengerti dan bersifat umum agar semua orang dapat memahaminya. Sebagai contoh warna biru menunjukan suatu lautan, sedangkan hijau atau oranye melambangkan daratan. Simbol yang biasa digunakan dalam peta ada 4, yaitu: simbol garis, simbol titik, simbol wilayah atau area, dan simbol warna.
  6. Sumber dan tahun pembuatan. Sumber memberikan suatu bukti bahwa informasi yang tercantum dalam peta adalah benar dan dapat dipercaya. Tahun pembuatan dapat digunakan untuk membandingkan apakah keadaan dalam peta masih sesuai atau tidak dengan kondisi di lingkungan saat ini.
  7. Garis astronomi. Garis astronomi meliputi gari slintang dan garis bujur. Garis – garis tersebut pada umumnya digunakan sebagai koordinat untuk mengetahui posisi suatu objek. Garis astronomi digambarkan dengan garis pendek yang memotong rapi garis tepi.
  8. Garis tepi. Suatu garis persegi empat yang membatasi ruang peta.

Baca Juga : Pengertian Dan Jenis-Jenis Tenaga Endogen

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test