Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Struktur Tubuh, Klasifikasi dan Ciri Monera

Pengertian, Struktur Tubuh, Klasifikasi dan Ciri Monera – Monera atau organisme prokariot  merupakan salah satu kingdom makhluk hidup yang tidak mempunyai membran inti.

Contoh dari organisme yang termasuk kingdom Monera dan alga biru. Berikut kami jelaskan mengenai Pengertian, Struktur Tubuh, Klasifikasi dan Ciri Monera

A. Pengertian Kingdom Monera

Kata Monera berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata moneres yang berarti tunggal.

Sesuai dengan makna bahasanya Monera merupakan jenis makhluk hidup uniseluler atau memiliki satu sel.

Baca Juga : Pengertian, Struktur Tubuh dan Contoh Hewan Gastropoda

Monera juga disebut organisme prokariot atau makhluk hidup yang tidak mempunyai membran inti.

Meskipun tidak memiliki membran inti, organisme dari kingdom Monera ini memiliki beberapa bahan inti seperti membran sel, sitoplasma dan asam inti.

Monera juga tetaplah makhluk hidup yang dapat melakukan metabolisme, mengolah nutrisi, ekskresi, tumbuh dan berkembang serta reproduksi.

B.  Ciri-ciri Kingdom Monera

  • Merupakan organisme primitif uniseluler atau bersel tunggal
  • Tergolong mikroorganisme, atau organisme yang hanya dapat dilihat menggunakan alat bantu seperti mikroskop
  • Habitatnya tersebar di beberapa wilayah, termasuk lingkungan yang ekstrim
  • Bereproduksi secara aseksual dan seksual. Secara aseksual yaitu dengan pembelahan biner, dan secara seksual dengan konjugasi atau penempelan dua organisme yang memiliki pertukaran inti.

C. Struktur Tubuh Monera

Struktur tubuh pada Monera dapat dibagi menjadi dua yaitu struktur luar sel dan struktur dalam sel, berikut penjelasannya

Struktur luar sel

  • Kapsul, merupakan bagian paling luar dan berupa lendir. Fungsi dari bagian ini adalah untuk melindungi dan sebagai cadangan makanan.
  • Dinding Sel, berfungsi untuk memberi bentuk dan melindungi sel.
  • Membran plasma, terdiri dari lapisan lipoprotein tang tersusun oleh protein dan fosfolipid. Lapisan ini berfungsi untuk pengatur keluar dan masuknya zat.

Struktur dalam sel

  • DNA, merupakan genetik pembawa sifat pada makhluk hidup
  • Mesosom, merupakan bagian membran sitoplasma yang berfungsi dalam sintesis dinding sel serta pembelahan pada nukleus.
  • Plasmid, merupakan bagian dalam sel yang berfungsi sebagai pertahanan sel terhadap lingkungan asing yang ekstrim
  • Endospora, merupakan spora dengan dinding tebal untuk membentuk sel saat kondisi lingkungan tidak memungkinkan.
  • Ribosom, yaitu organel sel yang memiliki fungsi utama dalam proses sintesis yang ada pada sel.

D. Klasifikasi Monera

Secara garis besar, Monera dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu archaebacteria dan eubacteria. Sebelumnya, Monera dikelompokkan dalam dua kelompok lain, yaitu bakteri dan alga biru. Untuk mengetahui klasifikasi dari kingdom Monera, berikut kami berikan penjelasannya :

Archaebacteria

Archaebacteria merupakan kelompok Monera yang dapat ditemukan dalam lingkungan ekstrim.

Secara bahasa, kata archaebacteria diambil dari kata archae yang atinya kuno. Para ahli kemudian mengelompokkan archaebacteria dalam tiga kelompok yaitu :

  • Metagonen, merupakan jenis bakteri yang banyak tumbuh di wilayah rawa-rawa, dan biasanya digunakan dalam pembuatan biogas.
  • Halofil Ekstrim, merupakan bagian kelompok archaebacteria yang hidup pada wilayah dengan kadar garam tinggi. Secara harfiah, halofil dapat diartikan pecinta garam.
  • Termofil Ekstrim, merupakan jenis archaebacteria yang hidup pada suhu tinggi yaiu sekitar 60-80 derajat celcius. Secara harfiah Termofil berasal dari kata Termo dan philos. Termo dapat diartikan sebagai suhu, dan philos yang berarti pecinta sehingga arti harfiahnya adalah pecinta suhu.

Eubacteria (Bakteri)

Secara harfiah, kata Eu pada Eubacteria dapat berarti sejati. Eubacteria merupakan jenis organisme sel tunggal yang hidup dan berkembang di berbagai tempat.

Jenis ini memiliki ukuran sangat kecil sekitar 0,2-10 micrometer sehingga tidak dapat diamati secara langsung.

Eubacteria kembali dikelompokkan dalam 5 kelompok organisme. Berikut penjelasan mengenai penggolongan dari eubacteria :

  • Proteobacteria, jenis dari kelompok ini dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu bakteri ungu, preteobacteria kemoautotrof dan protobacteria kemoeterotof.
  • Chlymydias, merupakan kelompok dengan ukuran terkecil yang memiliki bentuk tubuh tidak beraturan. Jenis ini dapat hidup dengan cara menjadi parasit dalam tubuh makhluk hidup lainnya.
  • Cyanobacteria atau Cyanophyta merupakan jenis Eubacteria yang memiliki warna hijau kebiruan dengan bentuk tubuh bulat ataupun berbentuk benang. Sederhananya, Eubacteria jenis ini merupakan bakteri yang mempunyai pigmen klorofil seperti tumbuhan.
  • Spirochetes, merupakan bakteri yang dapat ditemukan bebas di air, tanah ataupun secara parasit.
  • Bakteri Gram Positif, merupakan bakteri yang memiliki dinding sel tebal dan bersifat homogen. Sehingga apabila ada pemeriksaan pada pewarnaan gram menggunakan zat violet, akan menghasilkan warna biru atau ungu.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian, Struktur Tubuh, Klasifikasi dan Ciri Monera. Semoga informasi ini menambah wawasan anda seputar kingdom yang ada didunia, khususnya pada kingdom Monera. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, dan Jenis Pembelahan Sel

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test