Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Struktur, Lapisan, dan Komponen Atmosfer Bumi

Pengertian, Struktur, Lapisan, dan Komponen Atmosfer Bumi – Bumi memiliki pelindung yaitu atmosfer. Apa itu atmosfer?

Struktur, lapisan dan komponennya apa saja? Ya, saya akan menjelaskan tentang pengertian, struktur, lapisan, dan komponen atmosfer bumi. Oke, langsung saja saya bahas secara mudah dan jelas.

Pengertian

Atmosfer adalah suatu lapisan yang dimiliki planet untuk melindunginya dari sesuatu yang akan datang mendekatinya.

Lapisan ini berbentuk gas yang memiliki struktur dan lapisan serta komponen sehingga atmosfer itu ada dan terbentuk.

Atmosfer sangat berguna bagi planet, jika di bumi atmofser bisa menjadi penjaga suhu saat pergantian sian dan malam, dinding agar manusia tidak langsung terkena terik sinar ultraviolet, dapat juga sebagai tolak ukur dari berbagai fenomena biologi seperti awan, angina, adanya hujan, dan lain sebagainya.

Atmosfer di bumi ada dari permukaan bumi hingga jauh berada di luar angkasa. Atmosfer di bumi melapisi dari ketinggian 0 km sampai dengan sekitar 1000 km lebih di atas permukaan bumi.

Struktur

Atmosfer Bumi memiliki beberapa lapisan yang melindnginya. Diantaranya lapisan troposfer, lapisan strastosfer, lapisan mesosfer, lapisan termosfer, lapisan lonosfer, dan lapisan ekosfer.

Dari beberapa lapisan tersebut memiliki ukuran dari bumi yang berbeda beda dan berbeda fungsinya masing masing. Dari struktur ini bumi terlindungi dan tentunya manusia merasa aman karena terlindungi atmosfer.

Lapisan

Dari struktur telah di jeaskan tentang lapisan atmosfer bumi yang melindungi bumi kita. Berikut ini lapisan atmosfer beserta penjelasannya, sebagai berikut :

  1. Lapisan troposfer

Lapisan troposfer adalah lapisan atmosfer bumi yang paling pertama atau paling dasar. Lapisan troposfer ini ada sekitar 0 hingga 12 km dari ketinggian bumi.

Lapisan troposfer ini memiliki campuran gas yang ideal untuk kehidupan manusia di bumi.

Lapisan troposfer ini adalah lapisan yang paling tipis yaitu sekitar 8 km di daerah kutub dan 18 km di daerah katulistiwa.

Di lapisan ini juga terjadi fenomena biologi seperti angina, hujan, awan dan lain sebagainya. Semakin tinggi troposfer per 100 meter suhunya semakin dingin.

  1. Lapisan stratosfer

Lapisan stratosfer yaitu lapisan setelah troposfer. Jaraknya sekitar 12 km hingga 60 km.

lapisan stratosfer ini adalah lapisan yang menjadi tempat terbang pesawat. Kecepatan angina di lapisan ini cukup kencang dan bergerak dengan pola tertentu.

Lapisan ini semakin keatas semakin panas karena adanya lapisan ozon. Lapisan ozon ini menyerap sinar ultraviolet.

  1. Lapisan mesosfer

Berada di ketingian sekitar 60 hingga 80 km. lapisan ini adalah lapisan ketiga dan suhunya turun kembali.

Pembatas antara lapisan mesosfer dengan termosfer bernama menopause memiliki suhu sekitar 100 derajat Celsius.

  1. Lapisan termosfer

Lapisan selanjutnya adalah termosfer, ada sekitar 80 km sampai 100 km. sesuai dengan namanya suhunya cukup tinggi yang bisa mencapai 1500 derajat Celsius. Terjadinya perubahan suhu ini karena penyerapan radiasi ultraviolet.

Meski panas tetapi massa jenisnya rendah sehingga aman. Maka dari itu astronot dan ISS dapat melakukan aktivitas di ketinggian tersebut. Di termosfer ini bisa terjadi fenomena yang indah disebut aurora

  1. Lapisan Ionosfer

Lapisan kelima dari atmosfer ini berada pada jarak 100 km hingga 800 km setelah lapisan troposfer.

Lapisan ini terbenuk karena reaksi kimia pada lapisan termosfer sehingga lapisan ini memiliki muatan listrik yang mampu memantulkan gelombang radio.

Lapisan ini juga dapat melindungi dari meteor menyebabkan meteor itu terbakar sebelum jatuh ke bumi.

  1. Lapisan ekosfer

Lapisan ini adalah lapisan atmosfer terakhir dan paling akhir. Jaraknya sekitar 800 km hingga 3260 km. lapisan ini yang berbatasan langsung dengan gas di luar angkasa. Karena jauh dengan bumi, gravitasi bumi tidak terlalu berpengaruh. Lapisan ekosfer memantulkan cahaya matahari oleh debu partikel meteoritik.

Komponen Atmosfer

Komponen atmosfer bumi terlihat seperti gambar berikut :

Jika dilihat dari tabel di atas. Nitrogen adalah komponen terbanyak di atmosfer bumi dengan volume hingga 78,08.

Oksigen juga banyak sekitar 20,94 dan sisanya seperti argon, karbon dioksida, hidrogen dan sebagainya adalah sisa volume lainnya dan tidak terlalu banyak jika di bandingkan dengan nitrogen dan oksigen.

Demikian artikel tentang pengertian, struktur, lapisan, dan komponen atmosfer bumi. Semoga bermanfaat.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test