Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Struktur, dan Bagian Bagian Anus

Pengertian, Struktur, dan Bagian Bagian Anus – Bagian tubuh manusia yang serasa ga penting tapi sebenarnya penting sekali adalah anus.

Ya, disini saya akan membahas tentang pengertian, struktur, dan bagian bagian anus.

Apa sih anus itu?

Struktur di dalam tubuh kita itu seperti apa?

Dan memiliki bagian bagian seperti bagaimana?

Saya akan menjelaskan untuk anda tentang anus supaya anda mengerti tentang anus.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Glukosa pada Manusia

Pengertian Anus

Anus adalah salah satu bagian tubuh yang ada pada manusia. Tidak hanya manusia, hewan juga punya anus. Guna anus adalah sebagai tempat keluarnya kotoran hasil pencernaan manusia atau hewan. Anus merupakan bagian tubuh terakhir pada tubuh manusia atau hewan.

Anus juga disebut dalam Bahasa Indonesia adalah dubur merupakan perpanjangan dari rektum yang terletak di luar tubuh. Terbuka dan tertutupnya anus digerakkan oleh otot sfingter.

Anus merupakan bagian terakhir dari proses sistem pencernaan. Anus adalah tempat keluarnya feses atau kotoran yang dikeluarkan tubuh.

Feses adalah hasil atau ampas dari proses pencernaan kita yang sudah tidak berguna lagi sehingga disebut kotoran dalam tubuh dan anus menjadi tempat keluarnya feses yang melalui proses defekasi atau proses buang air besar.

Anus juga termasuk bisa menjadi bagian dari sistem seksual. Anus juga dapat memberikan kenikmatan saat melakukan adegan seksual.

Anus juga memiliki banyak saraf sehingga termasuk daerah yang peka jika di beri rangsangan.

Menurut sebagian orang seks ini juga memiliki kenikmatan lebih. Namun, di Indonesia merupakan aktivitas yang tabu.

Belum lagi karena anus adalah tempat keluarnya feses sehingga di ilmu kedokteran tidak merekomendasikan melakukan anal seks.

Anal seks mungkin bisa membuat nikmat namun jika bercampur dengan fases menjadikannya jijik atau malah memberikan kuman, bakteri dari perlakuan anal seks ini.

Jika anda dan pasangan tidak mempermasalahkan maka itu adalah hak anda melakukannya. Tetapi seks oral lebih aman daripada anal seks.

Struktur Anus

Struktur dari anus yaitu di kulit sekitar anus merupakan kulit berkeratin, yang dilapisi oleh epitel skuamos stratified dan memiliki komponen rambut halus, kelenjar keringat, kelenjar sebasea, dan nervus somatik yaitu saraf yang sensitive terhadap nyeri. Saluran anal memiliki panjang 2 hingga 4,5 centimeter.

Dikelilingi otot yang disebut otot sfingter yang merupakan otot untuk memudahkan untuk mengeluarkan feses. Saluran ini juga dilapisi membran mukosa, bagian saluran atas tubuh memiliki otot untuk membantu feses keluar dari tubuh.

Bagian Bagian Anus

Bagian bagian anal sebagai berikut dan sedikit penjelasannya :

  1. Anal Canal

Merupakan saluran anus sepanjang 4 cm yang dikelilingi oleh sfingter anus. Bagian atas dilapisi oleh mukosa glandural rektal. Fungsi dari anal canal memiliki fungsi sebagai penghubung antara rektum dengan bagian luar tubuh.

  1. Rektum

Rektum sebenarnya adalah organ berbeda dengan anus. Rektum merupakan ruangan yang panjangnya sekitar 12 sampai 15 cm yang letaknya setelah usus besar.

Rektum adalah tempat penyimpanan sementara feses. Jika sudah penuh rektum akan memberikan rangsangan ke otak sehingga ada hasrat untuk buang air besar.

  1. Sfingter anal internal

Merupaan jaringan otot polos yang mengelilingi 2,5 cm kalis anal. Sfingter anal internal memiliki ketebalan 5 mm. karena tersusun dari otot polos maka bekerja secara tidak sadar. Fungsi dari sfingter internal adalah mengatur keluarnya feses agar tidak masuk lagi ke usus besar

  1. Sfingter anal eksternal

Merupakan jaringan otot lurik sepanjang 8 sampai 10 cm yang memiliki fungsi untuk membuka atau menutup kanalis anal. Karena terbuat dari otot lurik sehingga bekerja dengan sadar sehingga bagian inilah yang bisa membuat menahan rasa buang air besar

  1. Pectinate Line

Merupakan garis yang berfungsi sebagai garis pembagi 2/3 bagian atas dengan 1/3 bagian bawah anus. Sehingga termasuk bagian penting sebab membuat struktur dan cara bekerja yang berbeda

  1. Kolom anal

Biasa disebut kolom morgana adalah lipatan dari serat otot dan membran mukosa. Fungsinya sebagai pembatas dinding anus.

Demikian artikel yang saya buat tentang pengertian, struktur, dan bagian bagian anus. Semoga anda mengerti apa itu anus dan seberapa pentingnya anus. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Sistem Endokrin dan Jenis Hormon pada Manusia

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test