Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Struktur, Bagian dan Fungsi Pons Otak

Pengertian, Struktur, Bagian dan Fungsi Pons Otak – Pons Otak merupakan salah satu bagian penting dari batang otak yang memiliki fungsi utama sebagai jalur transfer antara otak besar dengan sumsum tulang belakang, dan juga otak kecil.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai Pengertian, Struktur, Bagian dan Fungsi Pons Otak. Berikut ulasannya

Pengertian Pons Otak

Pons merupakan salah salah satu bagian otak yang berada dibawah otak tengah dan berada diatas medulla oblongota.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-ciri Sel Darah Putih

Pons otak memiliki ukuran cukup kecil yakni 2,5 cm dengan serabut saraf yang berfungsi sebagai jalur penghunbung antara beberapa bagian sistem saraf, termasuk otak besar dan otak kecil.

Struktur dan Bagian Pons Otak

Pons otak memiliki dua bagian utama yaitu, basilar pons dan pontine tegmentum. Berikut penjelasannya

  1. Basilar Pons, merupakan bagian dari pons otak yang terletak pada bagian ventral dan berfungsi dalam aktivitas motorik tubuh
  2. Pontine Tegementum, merupakan bagian dari pons otak yang terletak pada bagian dorsal dengan fungsinya yang berhubungan dalam sistem lintasan refleks dan homeostatis.

Pada pons otak juga terdapat beberapa nuklues saraf yang berperan penting dalam tubuh yaitu :

  1. Nukleus motorik dan nukleus sensorik yang berasal dari nervus trigeminal
  2. Nukleus yang berasal dari nervus fasial
  3. Nukleus yang berasal dari nervus vestibulocochlear
  4. Nukleus yang berasal dari nervus abdusen

Fungsi Pons Otak

Secara garis besar, pons otak memiliki 3 fungsi utama yaitu sebagai jalur saraf, menyampaikan sinyal keluar dan mengontrol fungsi tidak sadar. Berikut adalah penjelasannya

1.      Sebagai jalur saraf

Pons otak memiliki fungsi sebagai jalur transportasi saraf yakni dengan membawa sinyal ke korteks utama.

Sebagian besar sinyal berhubungan pada fungsi wajah, maupun sensasi dan gerakan pada telinga dan mata.

Pons otak juga merupakan titik asal bagi empat diantara dua belas saraf kranial utama, yaitu saraf trigeminal, saraf abdusen, saraf fasial dan serabut vestibucochlear. Berikut penjelasannya :

  1. Saraf trigeminal, merupakan saraf kelima pada saraf kranial dan berfungsi sebagai pengatur gerakan pada wajah yang bertanggung jawab dalam menggigit, mengunyah dan menelan.
  2. Saraf Abdusen, merupakan saraf keenam pada saraf kranial dan berfungsi sebagai pengatur gerakan pada mata
  3. Saraf Fasial, berfungsi pada pergerakan otot wajah, sehingga kita dapat tersenyum, mengangkat alis dan menunjukkan ekspresi wajah yang beragam
  4. Saraf Vestibulocochlear, merupakan saraf yang berfungsi dalam pengaturan transmisi suara dari telinga menuju ke otak seta membantu menjaga koordinasi dan keseimbangan pada tubuh.

2.      Menyampaikan sinyal keluar

Sama halnya dengan fungsi pons otak sebagai pembawa sinyal dari saraf menuju otak, terdapat waktu yang diperlukan bagi otak untuk menyampaikan perintah ke saraf.

Hal ini mengakibatkan terjadinya pembukaan informasi yang bergerak dan mengakibatkan terjadinya pengaturan sinyal untuk diterjamahkan secara lengkap dan akurat sebelum sinyal dikirimkan.

3.      Mengontrol fungsi secara tidak sadar

Pada pons otak terdapat daerah yang dinamakan reticular yang memiliki fungsi dalam pengaturan siklus tidur dan bangun tidur.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa daerah ini berperan dalam pembentukan mimpi.

Selain pada tidur, fungsi tak sadar lain yang dikendalikan oleh pons otak adalah respirasi.

Dimana pada pons otak terdapat bagian yang dapat mengatur intensitas pernapasan dan mempengaruhi hambatan inspirasi yang dapat mengakibatkan pengurangan pada frekuensi dan kedalaman napas.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian, Struktur, Bagian dan Fungsi Pons Otak.

Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai bagian-bagian pada organ otak, terutama pada pons otak yang memiliki fungsi utama sebagai jalur transfer sinyal. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Kalenjar Timus

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test