Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Seni Rupa Murni

Pernah mendengar pengertian seni rupa murni? Berikut akan diurai secara lengkap tentang seni ini. Ruang lingkupnya adalah seputar pengertian. Sedangkan di akhir nanti, baru ditambah dengan beberapa fungsi dan jenisnya. Silakan disimak semoga bermanfaat.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah jenis seni yang dibuat semata untuk menampilkan keindahan yang rill. Artinya, fokus makna dari seni ini tidak absurd, tetapi sengaja menampilkan nilai-nilai estetis yang terbentuk didalamnya. Sekalipun begitu, seni rupa murni juga muncul dari ekspresi jiwa, serupa dengan seni yang lain.

Seni rupa murni memiliki nilai estetis yang begitu tinggi. Namun, bagi yang awam, seni ini hanya berfungsi sebagai hiasan semata. Maka dari itu, di setiap rumah pasti memiliki pajangan yang berupa seni rupa murni. Hiasan-hiasan yang indah dan mahal.

Fungsi Seni Rupa Murni

Fungsi seni rupa murni bagi seniman adalah menyalurkan hasrat jiwa ke dalam karya. Terutama yang identik dengan rasa suka yang mereka tautkan pada karya dengan entitas vital yaitu keindahan.

Sedangkan bagi penikmat, fungsi seni rupa murni adalah sebagai hiasan atau pajangan rumah dan kantor.

Contoh Seni Rupa Murni

1. Relief

Contoh seni rupa murni yang pertama adalah relief. Ini bisa ditemukan di candi-candi Hindu maupun Budha. Sekalipun begitu, relief juga mulai dibuat pada tugu-tugu. Baik yang berupa monumen bersejarah maupun modern.

2. Patung

Patung adalah seni rupa murni yang ingin melukiskan tentang ekspresi jiwa yang terlihat dari fisik manusia. Seni ini berbentuk tiga dimensi dengan metode rancang visual.

3. Lukisan

Lukisan adalah seni rupa murni yang dituangkan pada kanvas. Sedangkan alat penuangnya adalah cat warna. Objek lukisan bermacam-macam. Yang terpenting adalah mampu menyiratkan keindahan yang luar biasa.

4. Seni Grafis

Seni rupa murni yang terakhir adalah seni grafis. Namun, beberapa seniman menyatakan, ini perpaduan antara seni terapan (modern) dengan tradisional. Perbedaannya terletak pada tujuan dibuatnya karya seni. Jika untuk ilustrasi disebut seni terapan jika untuk hiasan disebut seni rupa murni.

Demikianlah pengertian seni rupa murni, fungsi dan contohnya. Semoga Anda tidak salah ketika membedakannya dengan jenis seni yang lain.

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test