Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Valuta Asing (Valas)

Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Valuta Asing (Valas) – Valuta asing (valas) merupakan jenis perdagangan mata uang oleh suatu Negara, terhadap Negara yang lain nya.

Di mana hal itu melibatkan berbagai pasar uang yang ada di seluruh dunia dan biasanya berlangsung dalam waktu 24 jam.

Valuta asing atau yang di maksud dengan foreign Exchange atau forek di amna transaksi mata uang tersebut dapat mencapai jumlah yang sangat fantastis untuk setiap harinya.

Bahan setiap tahun nya bank dunia selalu menyebutkan nilai dari transaksi valas.

Selain itu valuta asing memiliki kekurangan dan kelebihan seperti pada valume perdangan yang luas, banyak nya varisi, waktu perdagangan hingga 24 jam serta pergerakan harga yang begitu cepat.

Sedangkan kelebihan dari valuta asing ialah kondisi pasar yang unik di mana peminatnya selalu terus bertambah.

Selain itu ada beberapa tempat di dunia ini yang menjadi pusat perdaganga valuta asing, yaitu New York, London, Singapuran dan juga Tokyo dan biasanya juga pada setia Negara besarta instrument nya ikut serta dalam perdangan valas tersebut.

Akan tetapi harga mata uang asing selalu mengalami perubahan hal itu di karenakan harga mata uang yang berada di pasar valas sering berhubungan dan erat kaitan nya dengan keadaan suatu Negara sebagai pemilik dari mata uang tersebut.

Sejarah Valuta Asing

Pada awalnya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan melakukan produksi sendiri dan kemudian berkembang dengan sistem barter atau menukar barang dengan barang yang lain nya.

Sistem barter tersebut memiliki kekurangan selanjutnya uang dan juga emas/perak di jadikan standar pasar yang kemudian mengilhami mata uang dan mata uang tersebut di pakai pada setiap daerah.

Hingga mulai terjadilah pertukarang mata uang asing dan baru di resmikan ketika tahun 1880 di masa perang dunia 1 di mana saat itu nilai standar uang merupakan emas murni dan pada masa perang standar emas tersebut memiliki banyak kekurangan hingga membuat banyak sekali pengganguran. Setelah berakhirnya perang dunia.

Maka dunia ingin standar ekonomo yang lebih baik lagi dan stabil, hingga pada tanggal 22 juli tahun 1994 di adakan Konferensi Moneter Internasional (The Bretton Woods Conference).

Dalam rapat konferensi tersebut di hadiri sebanyak 44 negara dan pertemuan tersebut menetapkan sistem penukaran mata uang tetapu (Fixed Exchange Rate System)

Setelah ada nya konferensi tersebut maka perkembangan ekonomi dunia terus meningkat semakin pesat, dan  dua tahun kemudian di bentuklah sebuah lembaga yang bernama Lembaga Moneter Internasional dan Bank Dunia sendirilah yang mengawasi sistem tersebut.

Fungsi Valuta Asing

  • Sebagai alat tukar internasional

Di mana dapat di gunakan sebagai alat penukarang untuk barang dan juga jasa pada satu Negara ke Negara lain nya. Seperti Negara A membeli barang dari Negara B maka yang di pakai adalah mata uang dari Negara B dan bukan menggunakan mata uang dari Negara A atau memakai valuta asing.

  • Sebagai alat pembayaran internasional

Valuta asing juga memiliki fungsi untuk membayar utang dari suatu Negara ke Negara yang lain nya.

  • Sebagai pengendali kurs mata uang

Kurs merupakan perbandingan antara mata uang yang satu dengan yang lain nya. Kurs mata uang setiap Negara bisa naik atau turun nilai nya hal itu tergantung dari keadaan Negara tersebut.

Oleh sebab itu valuta asing bisa di manfaatkan untuk mengendalikan kurs mata uang sebuah Negara.

  • Untuk memperlacar perdangan internasional

Dalam perdagangan internasional yang di lakukan oleh setiap Negara maka akan lebih mudah apabila menggunakan pasar valutas asing.

Kelebihan dan Kekurangan Valuta Asing (Valas)

Kelebihan valutas asing

  • Bisa transaksi sampai 24 jam
  • Memiliki biaya transaksi yang rendah atau murah
  • Daya beli investor bisa melebihi jumlah modal yang di sediakan
  • Memiliki harga jual yang baik/stabil untuk setiap mata uang
  • Apabila ada kenaikan/penurunan mata uang dapat di jadikan keuntungan apabila pandai dalam mengambil kesempatan

Kekurangan valuta asing

  • Sulit di lakukan oleh masyarakan bagian menengah ke bawah
  • Resiko terhadap kurs, di mana pertukarannya sulit di prediksi

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Sumber Devisa

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test