Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar – Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam rangka melakukan transaksi. Lalu, bagaimana jika kata “pasar” disertai dengan kata segmentasi, apa maknanya?

Ulasan berikut ini akan membantu menjelaskan pengertian segmentasi pasar secara rinci.

Baca Juga : Bentuk dan Hasil Akomodasi

Pengertian Segmentasi Pasar Berdasarkan Definisi Para Ahli

Pengertian segmentasi pasar terbagi atas beragam pengertian menurut para ahli, beberapa di antaranya  adalah sebagai berikut.

  • Lupiyoadi

Lupiyoadi menuturkan bahwa segmentasi pasar adalah proses pembagian pasar dengan membentuk kelompok pembeli berdasarkan karakteristik, kebutuhan, maupun tingkah laku.

  • Manullang

Manullang menuturkan bahwa segmentasi pasar merupakan kegiatan pembauran berbagai aspek seperti saluran pemasaran, distribusi, harga, dan produk demi mencapai sasaran seperti laba dan citra produk.

  • Philip Kotler

Philip Kotler mengemukakan bahwa segmentasi pasar merupakan proses pembagian konsumen ke dalam aspek homogen. Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat.

  • Pride dan Ferrel

Pride dan Ferrel memberikan asumsi tentang segmentasi pasar sebagai suatu proses identifikasi yang membagi konsumen dalam mengonsumsi kebutuhan yang sama.

  • Rhenald Kasali

Rhenald Kasali menuturkan bahwa segmentasi pasar merupakan proses pengelompokkan pasar berdasarkan potensi customer dalam lingkup persamaan karakter atas tingkah laku pemenuhan kebutuhan.

  • Sofjan Assauri

Asauri menjelaskan segmentasi pasar sebagai kegiatan untuk membedakan pasar berdasarkan karakteristik pembeli dan tujuan serta kebutuhan akan produk tertentu.

  • Steward H. Rewoldt

Steward H. Rewoldt menyatakan bahwa segmentasi pasar berisikan tentang pengaturan aspek-aspek yang dapat dikendalikan dan yang tidak dapat dikendalikan oleh pengatur pemasaran. Aspek-aspek yang dapat dikendalikan seperti penggunaan iklan sebagai media promosi. Sedangkan aspek yang tidak terkendali berupa batasan-batasan segmentasi pasar itu sendiri.

  • Swastha dan Handoko

Swastha dan Handoko mengemukakan bahwa segmentasi pasar merupakan tindakan pembagian pasar pada segmen-segmen tertentu demi menemukan sasaran pasar yang dicapai melalui bauran pemasaran.

  • Tjiptono dan Chandra

Tjiptono dan Chandra menuturkan bahwa segmentasi pasar merupakan aktivitas pengelompokkan konsumen atau segmentasi berdasarkan karakteristik dan kebutuhan konsumen.

  • Wendell R. Smith

Wendell R. Smith menuturkan bahwa segmentasi pasar adalah proses pengelompokkan pasar dalam segmen-segmen tertentu berdasarkan perilaku, keinginan, dan kebutuhan. Hal tersebut bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran terbaru.

Berdasarkan pengertian segmentasi pasar yang dituturkan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa segmentasi pasar adalah suatu kegiatan identifikasi pembeli dalam beberapa kategori seperti kebutuhan konsumen, perilaku, dan karakteristik dengan tujuan menganalisa demi mendapatkan strategi perdagangan yang tepat.

Baca Juga : Pengertian Pemberdayaan Masyarakat

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test