Ritaelfianis.com

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Pengertian sederhana Foton dalam 2 menit

Pengertian dan Definisi Foton – Jika kita sudah lama belajar fisika, mungkin kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar yang namanya foton.

Namun walaupun begitu, ternyata ada banyak pula yang tidak bisa menjelaskan dengan sederhana apa itu sebenarnya Foton.

Foton biasa dianggap sebagai pembawa radiasi elektromagentik. Hal ini karena foton merupakan partikel dalam fenomena elektromagnatik.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Dataran Tinggi

Hanya saja, foton tidak memiliki massa, tidak memiliki muatan listrik, dan mampu bergerak pada ruang hampa dengan kecepatan cahaya. Bahkan diperkirakan kecepatan foton bisa mencapai lebih dari 200.000 km/ detik.

Dalam sekali pergerakan, foton biasanya dianggap sebagai pembawa gelombang radio, sinar X, dan termasuk radiasi elektromagnetik. Jadi sebenarnya tidak sulit menemukan foton. Hanya saja, dibutuhkan cara tersendiri untuk menjelaskannya.

Pada dasarnya foton merupakan sebuah partikel. Tapi, karena tidak memiliki massa, foton dianggap berbeda dengan elektron serta quark.

Namun walaupun begitu, foton juga dikenal dengan sifat dualisme gelombang dan partikel yang dimilikinya. Artinya, selain dikenal sebagai partikel, Foton juga dikenal sebagai sebuah gelombang.

Sebagai partikel, foton tidak bisa berhubungan langsung dengan sebuah materi. Dia hanya bisa berhubungan sebagai mediator untuk memindahkan sebuah energi ke materi tersebyt.

Sedangkan sebagai gelombang, foton sebenarnya tersebar diseluruh ruangan. Sebagai gelombang, foton selalu menunjukan fenomena gelombang seperti pembiasan cahaya oleh lensa atau hal serupa lainnya.

Jika dilihat dari sejarah, foton sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru dikenal. Karena awalnya, foton sudah lebih dahulu dikenal oleh banyak ilmuan dengan nama Kuantum Cahaya atau Das Lichtquant. Dan Albert Einstein adalah orang yang memperkenalkan nama ini kepada banyak orang.

Sedangkan jika dilihat dari asal kata, ‘foton’ adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti cahaya oleh kimiawan fisik Gilbert N Lewis.

Jadi itulah pengertian sederhana dari foton. Bahwa foton adalah kuantum cahaya karena dia bergerak didalam cahaya untuk membawakan sumber energi kepada materi-materi yang ada disekitarnya.

Atau jika kalian memiliki pengertian yang lebih sederhana  dari ini? mari kita berbagi pada kolom komentar dibawah  ini. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Oogenesis

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2014 Frontier Theme