Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Ruang lingkup dan Tujuan Dari Marketing

Pengertian, Ruang lingkup dan tujuan Dari Marketing – Ritaelfianis.com – Marketing atau yang juga dikenal dengan pemasaran adalah kegiatan usaha penting yang biasa dilakukan oleh semua perusahaan baik itu barang maupun jasa yang bertujuan untuk mempertahankan kegiatan perusahaan tersebut.

Pemasaran dalam suatu perusahaan berhubungan secara langsung dengan konsumen.

Maka dari itu kegiatan pemasaran ini dapat dikatakan sebagai kegiatan yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.

Baca Juga : Pengertian, Konsep, Tujuan dan Fungsi Manajemen Pemasaran

Selain itu, pemasaran juga merupakan usaha yang terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada upaya memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang dilakukan melalui proses pertukaran atau transaksi.

Tujuan dari kegiatan pemasaran perusahaan yakni harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen apabila ingin memperoleh respon yang baik dari konsumen.

Perusahaan juga harus bertanggung jawab penuh dalam kepuasan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan tersebut.

Dengan begitu, segala aktivitas perusahaan, harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh laba.

Ruang Lingkup Marketing

Pengertian pemasaran menurut para ahli, dimana ruang lingkupnya terbatas pada bidang bisnis dan terkait pasar saja.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman, aktivitas pemasaran bukan hanya sekedar berkutat pada bidang bisnis saja, namun jangkauannya telah meluas ke berbagai dimensi yang lain.

Saat ini pun, pemasaran sudah tidak hanya terbatas digunakan oleh kalangan koorporat bisnis saja, namun juga dilakukan oleh organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan bahkan departemen-departemen pemerintah yang terkait.

Sehingga saat ini pemasaran dikenal tidak terbatas dalam dunia bisnis saja, tetapi mempunyai makna kemasyarakatan yang luas.

Pemasaran organisasi

Pemasaran organisasi ini ditujukan untuk mengangkat nama dan citra organisasinya di mata masyarakat umum.

Adapun tujuan dan tugas dari suatu organisasi yaitu untuk mengatur kegiatan usaha dengan baik.

Selain itu, manajer juga harus menentukan komposisi strukutur organisasinya.

Pasar

Pengertian pasar merupakan tempat bagi orang-orang yang memiliki uang untuk berbelanja dan memiliki keinginan untuk membelanjakannya dan menerima kepuasan atau dapat disebut juga dengan suatu tempat yang dianggap memiliki nilai jual yang tinggi akan usaha untuk memasarkan tempatnya.

Pada dasarnya pasar dapat di kelompokkan menjadi 4 golongan, antara lain :

a. Pasar konsumen : pasar yang terdiri dari sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi.

b. Pasar industri : pasar yang terdiri dari individu dan juga lembaga yang membeli barang-barang industry untuk digunakan lagi secara langsung maupun tidak langsung.

c. Pasar penjual : pasar yang terdiri dari individu maupun organisasi yang membeli barang yang bertujuan untuk dijual atau disewakan kembali agar memperoleh laba.
d. Pasar pemerintah : pasar yang terdiri dari lembaga – lembaga pemerintahan, seperti :

departemen-departemen, direktorat, kantor dinas, dan sebagainya.

Produk

Produk yang dimaksud yakni meliputi semua barang dan jasa yang dihasilkan atau diproduksi oleh suatu perusahaan dan kemudian dipasarkan ke konsumen.

Saluran Distribusi

Saluran yang digunakan produsen atau suatu perusahaan bertujuan untuk menyalurkan barang atau produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri.

Penentuan harga

Terdapat dua pendekatan pokok dalam menentukan harga jual suatu barang atau jasa yakni, pendekatan biaya dan pendekatan pasar atau persaingan.

Promosi dan periklanan

Tujuan Marketing

  1. Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek bagi perusahaan yakni mendapatkan keuntungan secepat mungkin. Artinya, kegiatan tersebut dapat menutup semua biaya-biaya produksi yang digunakan, dan apabila terdapat kelebihan maka dikatakan laba.

  1. Jangka Menengah

Tujuan jangka menengah yaitu mampu mengusahakan untuk dapat mencapai titik impas antara total biaya produksi dengan total volume penjualan, selain itu juga mampu memperluas sasaran promosi, dan mampu memperbesar cakupan volume penjualan.

  1. Jangka Panjang

Tujuan jangka panjang perusahaan yakni mampu mempertahan para konsumen agar tetap setia dengan produk perusahaan tersebut, antara lain dengan dikembangkannya produk yang lebih inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih, serta memberikan potongan harga khusus bagi pelaggan

Baca Juga : Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tujuan Anggaran Perusahaan

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test