Loading…

Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Jutaan Klik DISINI

Pengertian, Peranan dan Contoh Brainware Dalam Manajemen Perusahaan

Pengertian, Peranan dan Contoh Brainware Dalam Manajemen Perusahaan – Brainware atau yang biasa dikenal dengan perangkat manusia merupakan seseorang yang bekerja dalam mengoperasikan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) untuk saling bekerjasama antara satu dengan lainnya.

Intinya, Brainwaree adalah seseorang yang dapat mengoperasikan atau mengatur sistem di dalam komputer.

Brainwaree ini juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual, yang mana mampu mengeksploitasi kinerja dari hardware maupun software.

Adapun beberapa contoh Brainwaree adalah programer, netter, dan para pengguna komputer  lainnya.

Baca Juga : Pengertian, Jenis-Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasinya Inflasi

Sedangkan dalam dunia Bisnis dan pengembangan perusahaan, Brainwaree adalah seseorang maupun sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual untuk mengeksplorasi jaringan sistem informasi manajemen.

Secara umum, Brainwaree yang dimaksud dalam sistem informasi manajemen bisnis berfungsi untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat bagi kelangsungan organisasi atau perusahaan yang dimaksud adalah kompetisi.

Hal ini disebabkan karena sistem informasi berperan penting dalam menghadapi persaingan bebas antar suatu komunitas bisnis.

Peranan Brainwaree

Peran braiware sangat penting bagi keoptimalan manajemen informasi suatu bisnis yang sedang dijalankan. Adapun beberapa peran seorang Brainwaree dalam dunia bisnis antara lain :

  • Sebagai unit manajemen dalam segala hal yang berhubungan dengan database komputer. Perusahaan atau suatu komunitas bisnis harus memiliki komponen Brainwaree yang kompeten sebagai sekelompok orang yang akan mengelola manajemen informasi perusahaan tersebut.
  • Sebagai pengendali dan pengawasan terhadap jaringan komputer yang digunkan dalam perusahaan. Apabila peran Brainwaree tidak nampak dan tidak berfungsi dengan semestinya, maka akan dapat berakibat pada kurangnya pengawasan terhadap database perusahaan dan meningkatkan potensi peretasan data oleh competitor bisnis lain.
  • Seorang pemimpin perusahaan termasuk Brainwaree, adalah sebagai otak yang berfungsi untuk mengendalikan tujuan (goal) perusahaan. Pemimpin kurang kompeten atau yang tidak memiliki kapasitas dibidangnya dapat menyebabkan perusahaan menjadi salah arah atau berjalan di tujuan yang menyimpang. Tentu saja hal ini akan berakibat buruk bagi kelangsungan perusahaan tersebut.
  • Komponen Brainwaree yang paling utama adalah seorang manajer perusahaan yang memiliki pengaruh besar terhadap pelaksanaan sistem manajemen untuk mendapatkan sistem informasi yang akurat dan berguna bagi kelangsungan perusahaan.

Contoh dan Peran Brainwaree dalam Perusahaan

  1. Sistem Analis

Sistem analisis merupakan seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan penelitian dalam memilih perangkat lunak mana yang baik dan tepat bagi penerapan perusahaan beserta dengan kebutuhan yang sesuai dengan organisasi bisnis atau perusahaan tersebut.

Seorang analis juga harus mempunyai ketrampilan seperti manajerial, teknis, analisis dan interpersonal.

  1. Progammer

Programmer merupakan seseorang yang mempunyai keahlian dan ketrampilan dalam menguasai salah satu atau lebih bahasa pemograman khusunya dalam dunia komputerisasi bisnis.

Progammer berfungsi untuk menciptakan dan mempersiapkan program-program yang dapat mendukung sistem komputer yang akan atau telah dirancang untuk kebutuhan perusahaan.

Progammer memiliki peran penting apabila terjadi gangguan seperti adanya hack terhadap database perusahaan.

  1. Administrator

Administrator merupaka seseorang yang mempunyai fungsi dan ketrampilan dalam mengelola suatu sistem operasi beserta program yang dijalankan pada sebuah komputer maupun jaringan dalam konteks perusahaan atau bisnis.

Selain itu juga biasa disebut dengan database administrator yang memiliki tanggung jawab langsung terhadap sistem database perusahaan yang fungsinya sebagai pengatur, pengelola dan penyimpanan arsip perusahaan yang tidak boleh hilang.

  1. Konsultan

Konsultan merupakan seorang Brainwaree yang mempunyai pengetahuan lebih banyak dibidang komputerisasi namun umumnya tidak berperan secara langsung untuk menangani permasalahan yang terjadi.

Konsultan bekerja hanya sebagai penasehat yang bertugas memberin saran bagi perusahaan.

Suatu perusahaan atau komunitas bisni sangat memerlukan konsultan untuk mencari informasi dan solusi terkait metode manajemen sistem informasi yang tepat dan meminimalisir terjadinya data yang tidak dikelola dengan baik.

  1. Project Manajer

Project manajer yang biasa disebut juga sebagai mandor merupakan seorang pemimpin dan pemandu dari suatu project tertentu.

Dalam suatu bisnis atau perusahaan tentu saja terdapat beberapa project yang sering dipimpin oleh seorang project manajer.

Project manajer ini berperan penting sebagai bentuk pengendalian dan pengawasan dari pengadaan manajemen informasi perusahaan.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Teori Dividen dalam Sebuah Akuntansi

Ritaelfianis.com - Berbagi Ilmu dan Pengalaman © 2017 rita test